Cek Fakta: NATO Kirimkan Pasukan ke Papua untuk Bela KKB

Jepretan layar (screenshot) sebuah video Youtube yang mengklaim bahwa North Atlantic Treaty Organization (NATO) mengirimkan pasukan ke Papua untuk membela kelompok kriminal bersenjata (KKB).
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Beredar sebuah video Youtube yang mengklaim North Atlantic Treaty Organization (NATO) mengirimkan pasukan ke Papua untuk membela kelompok kriminal bersenjata (KKB). Unggahan itu menyebut dalam judul dan thumbnail video bahwa ada campur tangan NATO kepada KKB.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Faktanya, informasi tersebut tidak benar. Thumbnail pada video identik dengan foto pada artikel sentralntb.id dengan judul ” Tim Gabungan Balai KPH Marowa dan Kodim 1608/Bima bersama Kipan A Yonif 742/SWY melaksanakan operasi pencegahan kerusakan hutan di wilayah Kabupaten Bima.”

Foto itu menampilkan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama tim KPH Marowa melaksanakan operasi penindakan pembalakan liar di kawasan hutan wilayah setempat.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Selain itu, judul yang ditulis tidak sesuai dengan isi video yang ditampilkan. Sepanjang 8 menit tidak ditemukan narasi bahwa NATO mengirimkan pasukannya ke Papua. Narator dalam video menjelaskan mengenai sumber senjata yang digunakan KKB.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Dilansir dari Cekfakta.com, seperti dikutip dari tribunnews.com, Mabes Polri memastikan senjata yang digunakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) dipasok dari Papua Nugini dan juga Filipina. Dari hasil penyelidikan yang senjata yang digunakan berasal dari pasar gelap.

Unggahan itu hanya menampilkan thumbnail dan judul yang provokatif. Di dalam video tidak ditemukan informasi mengenai NATO mengirim pasukan ke Papua.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12811

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya