Cek Fakta: Pemerintah Berangkatkan 20 Ribu Prajurit ke Al Zaytun

Jepretan layar informasi dengan klaim bahwa pemerintah memberangkatkan 20 ribu prajurit ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun sebagaiman diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Juni 2023.
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Beredar informasi dengan klaim bahwa pemerintah memberangkatkan 20 ribu prajurit ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun sebagaiman diunggah salah satu akun Facebook, pada 24 Juni 2023. Unggahan tersebut berupa video dengan tampilan awal Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah orang mengenakan baret hijau dan berpakaian seragam loreng.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Pada tampilan video tersebut bertuliskan "BREAKING NEWS 20.000 PRAJURIT DIBERANGKATKAN RATUSAN TERORIS DIINFORMASIKAN ADA DIPONPES AL ZAYTUN". Video berdurasi 10 menit 16 detik tersebut menampilkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD diiringi dengan narasi suara seorang perempuan dengan transkrip sebagai berikut: "Mahfud MD Soal Ponpes Indramayu kalau tidak sesuai sama hukum berurusan dengan saya."

Kemudian video dilanjutkan dengan video Mahfud MD yang sedang menjawab pertanyaan tentang Pondok Pesantren Al Zaytun, berikut transkrip perkataan Mahfud MD dalam tayangan tersebut.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Kalau tidak sesuai dengan hukum, itu urusan dengan saya. Kalau menyangkut penyelenggaraan institusi, itu Kemenag. Jadi, kita belum tahu masalahnya di mana sebenarnya.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut. "20.000 Pr4jurit Diberangkatkan Oleh Pemerintah, Al Zaytun Dikabarkan Siap Kan Pasukan Tandingan.."

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, tidak ada keterangan terkait pengiriman 20 ribu pasukan oleh pemerintah ke Ponpes Al Zaytun. Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pemerintah berangkatkan 20 ribu prajurit ke Al Zaytun'. Hasilnya tidak ada rujukan yang dimuat situ berita yang kredibel yang memuat informasi tersebut.

Kemudian penelusuran tetap menggunakan Google Search dengan menjadikan pernyataan Mahfud MD dari potongan video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Search. Penelusuran mengarah pada sejumlah artikel salah satunya berjudul "Mahfud MD Soal Ponpes Al Zaytun Indramayu: Kalau Tidak Sesuai dengan Hukum, Berurusan Sama Saya" yang dimuat situs Pikiran-rakyat.com.

Dalam situs Pikiran-rakyat.com Mahfud MD menanggapi tentang kontroversi yang terjadi pada Pondok Pesantren Al Zaytun dan pemerintah masih melakukan pendalaman terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan menangkap layar tampilan video yaitu Jokowi bersama sejumlah orang mengenakan baret hijau dan berpakaian seragam loreng. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Presiden Joko Widodo Kunjungi Divisi Infanteri 1 Kostrad" yang dimuat situs Tniad.mil.id, pada 16 November 2021.

Laman Tniad.mil.id mengunggah foto yang identik dengan cuplikan gambar pada klaim video. Situs Tniad.mil.id menyebutkan, Presiden RI Joko Widodo mengunjungi pasukan Kostrad di Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong, Jawa Barat pada 16 November 2016.

Kedatangan Presiden ke Markas Divisi Infanteri 1 Kostrad ini selain untuk memeriksa kesiapan pasukan Kostrad, juga untuk memberi pengarahan kepada para prajurit bahwa mereka semua adalah garda terdepan dalam menjaga kemajemukan bangsa.

Hasil penelusuran: klaim bahwa pemerintah memberangkatkan 20 ribu prajurit ke Al Zaytun tidak benar. Dalam video klaim tidak ada informasi yang menyebutkan pemerintah berangkatkan 20 ribu prajurit ke Al Zaytun dan salah satu tampilan pada tayangan video tidak terkait dengan pengiriman pasukan ke Al Zaytun.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/12928

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya