Cek Fakta: Rumah Rocky Gerung Dibakar Massa

Jepretan layar (secreenshot) Kanal YouTube KABAR NEWS mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa ribuan warga mengamuk dan membakar rumah pengamat politik Rocky Gerung di Sentul, Bogor.
Sumber :
  • Cekfakta.com

Jakarta – Kanal YouTube KABAR NEWS (https://www.youtube.com/@kabarnews672), pada 8 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa ribuan warga mengamuk dan membakar rumah pengamat politik Rocky Gerung di Sentul, Bojongkoneng, Bogor, Jawa Barat. Selain itu, massa juga meminta agar Rocky Gerung segera ditangkap.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Berdasarkan hasil penelusuran, faktanya judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi video tersebut menjelaskan mengenai Rocky Gerung yang mulai tak nyaman karena rumahnya digeruduk oleh massa pada 6 Agustus 2023. Terpantau para massa ini melakukan unjuk rasanya pada pukul 14.00 WIB dan membubarkan diri 30 menit kemudian. Namun, diketahui bahwa para massa tetap mengancam akan melakukan aksi lanjutan. Selain itu, sepanjang video pun tidak ditemukan adanya informasi pembakaran rumah Rocky Gerung seperti yang tertulis pada judul video.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan konteks yang salah.

Pelaku Pencurian Motor Tewas Dikeroyok Massa di Tangerang

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa rumah Rocky Gerung dibakar oleh massa merupakan konteks yang salah. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/13385

Polisi sweeping

Polisi Sweeping Massa Aksi Mau Demo di MK

Polisi melakukan penyekatan juga sweeping massa aksi yang bergerak melalui Pintu Tol Bekasi Barat 1 untuk ikut aksi di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Gambir, Ja

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024