GIIAS 2018 Kurang Gereget

Pameran otomotif kelas dunia, GIIAS
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018 resmi ditutup, Minggu 12 Agustus 2018. Ajang tahunan itu diikuti oleh puluhan agen pemegang merek, baik dari kendaraan roda empat maupun roda dua.

Ini Daftar Mobil dan Syarat Test Drive di GIIAS 2021

Uniknya, acara yang diadakan setiap tahun ini menarik minat para politisi. Pada pameran produk otomotif berskala internasional tersebut, beberapa tokoh politik tampak hadir.

Sebut saja Presiden Joko Widodo, yang secara resmi membuka pameran pada 2 Agustus 2018. Penggemar motor modifikasi itu tampak menyempatkan diri menyambangi salah satu stan agen pemegang merek, dan tidak menyangka akan mendapat kejutan.

Jadwal Pameran GIIAS Tahun Ini Diundur

Hal ini diceritakan President of Commissioner PT Suzuki Indomobil Sales, Soebronto Laras. Dia mengatakan, begitu melihat sosok Jimny anyar tersebut, Jokowi langsung mengenalinya.

Mobil Konsep Suzuki Jimny di GIIAS 2018

Catat, Ini Jadwal Pameran Mobil Baru di RI Tahun Depan

"Begitu lihat, 'Wah ini Jimny ya? Mobil saya pertama itu Suzuki Jimny'. Saya jadi bangga juga mendengarnya," kata Soebronto, saat konferensi pers Suzuki di ICE, BSD, Tangerang.

Mobil jip andalan Suzuki itu juga menarik minat politisi muda Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa dengan AHY. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu menyempatkan diri untuk mampir ke GIIAS 2018.

Saat ditanya apakah AHY punya kenangan dengan mobil legendaris Suzuki tersebut, ia hanya menjawab pendek. “Enggak ada (kenangan dengan Suzuki Jimny). Cuma kan ini baru, jadi penasaran saja," kata Agus.

Selain orang nomor satu di Indonesia, pembukaan pameran juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Di akhir pidato, ia membawa pesan politik. Ketua Umum Partai Golkar itu “mengampanyekan” Jokowi memimpin untuk dua periode.

Presiden Jokowi dan Airlangga Hartanto

"Yang kedua, hari ini tanggal 2 Agustus, Gaikindo sudah siap untuk industri B20. B20 itu ada angka dua titik kosongnya. Saya cek kepada industriawan, masyarakat industri siap Bapak Presiden dua periode," tutur Airlangga.

Pemilihan Presiden pada 2019, ternyata menjadi pertimbangan Gaikindo untuk menentukan tanggal pameran GIIAS 2019. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, pihaknya sedang memikirkan waktu yang tepat untuk menggelar GIIAS di tahun politik.

"Untuk pameran tahun depan, kami masih pikirkan matang-matang. Saya kan bilang, masih ada waktu satu tahun. Akhir Agustus atau awal September ini, sudah akan kami tentukan," kata Nangoi di sela acara penutupan pameran, Minggu 12 Agustus 2018.

Berikutnya, tidak bisa langsung dibawa pulang

Tidak bisa langsung dibawa pulang

Saat penutupan pameran, Ketua Penyelenggara GIIAS 2018, Rizwan Alamsjah mengatakan hal yang mengejutkan. Ia mengaku bahwa tahun ini tidak banyak produk baru dipajang di acara yang ia gelar.

Menurut Rizwan, GIIAS tahun ini lebih banyak menawarkan kendaraan konsep atau kendaraan masa depan. Ia juga menegaskan, bahwa pameran tahun ini tetap menuai hasil positif.

"Yang menarik, pada tahun ini lebih banyak kendaraan konsep yang dihadirkan, sehingga ini memberikan gambaran kendaraan masa depan. Sesuai dengan tema GIIAS tahun ini, yaitu Beyond Mobility," ungkapnya.

Terkait jumlah pengunjung, kata dia, tahun ini tidak melebihi jumlah pengunjung tahun lalu, yakni sebanyak 450 ribu orang. Kehadiran para pengunjung merata antara hari biasa dengan akhir pekan. Sebab, harga tiket pada akhir pekan sengaja dibuat mahal, agar pengunjung mau datang di hari biasa.

All New Honda Brio 2018

Beberapa mobil baru yang jadi gacoan APM juga belum bisa dibawa pulang oleh pengunjung yang berminat saat itu juga. Contohnya, All New Honda Brio, Sport Utility Vehicle milik Wuling dan All New Suzuki Jimny.

Padahal, tiga model itu menjadi magnet dari pameran. Brio merupakan produk Honda yang cukup sukses di pasaran dan ditunggu-tunggu versi barunya. Sementara itu, para penggemar Wuling tentu tidak sabar menanti SUV pertama produsen asal China tersebut.

“Kami melihat, pengunjung banyak yang mau lihat SUV, dan penasaran. Karena, banyak yang menanyakan kapan launching. Bahkan, ada beberapa pengunjung yang mau beli sekarang,” ujar Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani.

Ratusan orang yang tidak kebagian Jimny versi tahun lalu, tentu akan berusaha lebih keras untuk bisa memiliki varian yang hadir di tahun ini. 88 unit hanya disediakan pada 2017.

"Responsnya sangat sangat baik, mereka sangat menunggu All New Jimny. Banyak yang bertanya, kapan diluncurkan," kata Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel

Selain tiga mobil tersebut, ada juga Mitsubishi Xpander yang hadir dalam dua varian baru dan SUV tangguh dari Nissan, Terra. Menjadi pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, pengiriman Terra akan dimulai pada kuartal ketiga di tahun fiskal 2018.

Deretan Mobil Terbaru di GIIAS 2018, Nissan Terra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya