Hijrah Selebriti

Isteri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.
Isteri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA – Beberapa waktu terakhir dunia hiburan diramaikan dengan mulai banyaknya selebriti yang memutuskan tampil lebih religius bahkan tertarik mendalami agama. 

Misalnya dulu ada selebriti yang kerap tampil seksi atau tampil nyeleneh kini memilih menutup aurat hingga serius mendalami agama. 

Keseriusan mendalami agama itu bahkan ada yang sampai membuat mereka meninggalkan dunia hiburan, dan fokus untuk hijrah. Mereka bahkan rutin melakukan kegiatan ceramah agama hingga kegiatan kemanusiaan. 

1.Ki Joko Bodo

Paranormal Ki Joko Bodo dikenal memiliki penampilan ‘menyeramkan’. Namun, belum lama ini ramai diperbincangkan karena penampilannya berubah drastis. Pakaian serba hitam yang identik dengan dirinya, ia tinggalkan. Begitu pula dengan jenggot serta rambut gondrong yang telah ia pangkas habis.

Meski dianggap telah berhijrah, Ki Joko Bodo merasa tidak ada yang berbeda dengan dirinya. Ia masih seorang Ki Joko Bodo yang lama, seperti yang orang-orang kenal, “Menurut aku sama saja, yang disebut itu kan kita sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa nah itu adalah definisi hidup,” kata Ki Joko Bodo saat dihubungi via sambungan telepon oleh VIVA, pekan ini.

Menurutnya, orang-orang di sekitar tidak melupakan image lama Ki Joko Bodo, justru itu yang paling melekat dari sosok paranormal ini, “Enggak (lupa dengan image lama). Malah yang melekat yang lama. Ketika sudah enggak rambut panjang segala macam, mereka malah tetap ingat yang dulu. Enggak ingat yang sekarang,” tuturnya. 

Perubahan drastis tersebut tentu sempat membuat pria kelahiran tahun 1974 ini canggung. Tapi lama-kelamaan, ia menjadi biasa, “Kesulitan diri tuh mungkin transisi aja kayak canggung, gitu aja sih. Tapi setelah masuk (hijrah), enggak canggung lagi. Sebentar (transisinya). Cuma aku mikirnya kalau aku gini, gitu, nanti rezeki dikurangin sama Tuhan, ternyata malah ditambah,” ujarnya.

Ia pun bercerita, proses hijrah bagi setiap orang berbeda-beda. Yang kini terlihat oleh mata publik hanyalah penampilan Ki Joko Bodo yang berubah. Padahal, hijrah sendiri memiliki arti lebih dari itu, yakni perubahan yang sebenarnya terjadi di dalam diri.

“Yang disebut hijrah tuh seperti apa sih? aku juga kurang paham sih tapi yang jelas dari dulu dan sekarang itu sama aja. Cuma mungkin rambut dulu panjang tiba-tiba jadi pendek. Orang hanya melihat itu. Kemudian kumisnya dulu ada sekarang enggak ada. Yang membedakan itu aja sih. Jadi definisi hijrah mungkin bagi orang-orang seperti itu tapi bagi aku sama aja,” katanya. 

Setelah memutuskan untuk berhijrah, Ki Joko Bodo tidak 'jomplang' lagi saat menjalani hidup. Ia justru berusaha menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dan juga rohani, “Enggak ada perubahan apa-apa. Paling meningkatkan ibadah. Lalu mencari dunia dan mencari Tuhan itu yang selalu aku tanamkan dari dulu. Jadi akhirat itu enggak boleh terlalu jomplang sama dunianya, begitu sebaliknya. Dunia dan akhirat harus seimbang menurutku begitu aja,” katanya.

Ki Joko Bodo bahkan masih tetap menerima pasien yang datang untuk berobat, sama seperti yang biasa dilakukan selama ini. Tapi, ada aktivitas lain yang ia rutin lakukan setiap bulannya, di mana pria 45 tahun itu mengunjungi daerah terpencil untuk mengobati warga yang sakit.

“Aku mengadakan bakti sosial untuk pengobatan di daerah-daerah. Jadi misalnya di kelurahan atau di sebuah desa di Yogyakarta, ada orang yang sakit mata, macam-macam sakit itu mereka dikumpulin di tempat yang sama terus

aku ngobatin di situ. Sebulan bisa dua-tiga kali,” ujarnya.

2.Tantri Kotak