Surat Danramil, Formula E Jakarta hingga Elon Musk Jajal Kopiko

Reaksi Elon Musk usai jajal kopiko
Sumber :
  • Instagram @dagelan

VIVA – Sebuah surat permintaan sumbangan viral di media sosial Twitter. Surat itu diterbitkan oleh Danramil Jayapura.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Surat berisi permintaan bantuan kepada semua warung makan di wilayah tersebut, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Mengenai surat itu, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna menyebutkan, surat edaran itu dibuat tanpa sepengetahuan atau tanpa izin dari Dandim 1702/ Jayapura Utara selaku atasan Danramil. Pihaknya pun meminta maaf atas perbuatan oknum Danramil tersebut.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Berita terkait viralnya surat tersebut menarik perhatian pembaca VIVA pada Rabu, 27 April 2022. Selain itu, berita tentang pernyataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal Formula E Jakarta juga membesut animo pembaca sehingga masuk dalam deretan berita terpopuler.

KPK menyebutkan, soal lamanya tender ajang balap Formula E melanggar aturan. Menurut KPK, proyek tersebut tak seharusnya dipesan untuk tiga tahun di Jakarta.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Selanjutnya, berita tentang bos Tesla, Elon Musk yang menjajal permen Kopiko juga menjadi berita terpopuler.  Permen itu diberikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat bertemu Elon Musk di Texas, Amerika Serikat.

Bukan hanya berita-berita tersebut. Sejumlah berita lainnya juga masuk dalam deretan berita terpopuler, Rabu, 27 April 2022. Berikut ini lima di antaranya yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Viral Surat Danramil Jayapura Minta Sumbangan ke Warung, Ini Kata TNI

Unggahan surat permintaan sumbangan yang dikeluarkan oleh Danramil Jayapura viral di Twitter. Surat tersebut ditujukan kepada seluruh warung makan yang ada di wilayah tersebut. 
Dikutip VIVA dari akun @agenmossad, Rabu 27 April 2022. Pemilik akun mengomentari surat sumbangan tersebut. 

"Usai bayar makan tadi, datang 2 anggota TNI berseragam dinas ke kasir. "Pak Haji, yang kemarin.." dengan gestur tangan betapa. Pak Haji ngasi amplop dari laci. Abis mereka pergi sa nanya: "Buat apa itu?" "Katanya buat yang membutuhkan" "Boleh sa lihat proposalnya?" Baca berita selengkapnya di sini.

2. KPK Nilai Tender Formula E Tak Seharusnya Melewati Jabatan Anies

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut soal lamanya tender ajang balap Formula E melanggar aturan. Proyek tersebut kata KPK tak seharusnya dipesan untuk tiga tahun di Jakarta. 

Arsip foto - Foto udara pembangunan sirkuit Formula E Jakarta.

Photo :
  • ANTARA/HO-Jakpro

"Saat ini sudah ada pembayaran Rp560 miliar  untuk penyelenggaraan selama tiga tahun ke depan, 2022, 2023, 2024 dan itu melampaui periode Gubernur DKI (Anies Baswedan) saat ini yang berakhir September 2022," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Rabu, 27 April 2022. 

Lebih jauh mantan Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta itu mengatakan tender proyek tidak boleh melewati masa jabatan pejabat berdasar aturan yang berlaku. Ajang balap Formula E ini terlihat mulai melenceng. Baca berita selengkapnya di sini.


3. Pengakuan Sopir Innova Goyang di Malang, Kesetanan Tabrak Pemotor

Aksi kebut-kebutan mobil Innova yang dikendarai oleh SRO 21 tahun, mahasiswa asal Kota Batu di jalan raya Kota Malang hingga tabrak 4 pengendara lainnya membuat heboh warga. Banyak yang mengecam tindakan SRO yang mengebut bak di film action, karena membahayakan nyawa pengguna jalan lainnya.  

Kasat Sabhara Polresta Malang Kota Kompol Syabain mengungkapkan, bahwa kronologis awal dimulai pada sekira pukul 19.30 WIB, Senin, 25 April 2022 di Jalan Retawu, samping Museum Brawijaya, Kota Malang. Anggota yang patroli dalam rangka pengamanan operasi ketupat Semeru 2022 melihat mobil Innova itu bergoyang di tempat sepi dan gelap. 

"Jadi personel kita melakukan patroli rutin terlebih lagi saat ini sedang berlangsung operasi ketupat Semeru. Pada saat melihat kendaraan berhenti di samping Museum Brawijaya kondisi jalan remang-remang dan mobil bergoyang-goyang sehingga anggota menghampirinya berawal dari kecurigaan itu berinisiatif memeriksa," kata Syabain, Selasa, 26 April 2022. Simak berita selengkapnya di sini.

4. Beijing Kutuk Bom Karachi: Darah Warga China Tak Boleh Ditumpahkan

Bom bunuh diri di Karachi, Pakistan, pada Selasa (26/4) sore, menewaskan tiga warga negara China dan seorang warga setempat. 

China sangat mengutuk serangan teroris itu, demikian dinyatakan Kementerian Luar Negeri China (MFA) di Beijing, Rabu pagi. MFA juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada para korban.

Dalam percakapan via telepon Asisten Menteri Luar Negeri China Wu Jianghao kepada pihak Duta Besar Pakistan di China, China meminta pihak Pakistan segera melakukan investigasi serangan tersebut dan menghukum pelaku teror. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Reaksi Kocak Elon Musk Jajal Kopiko dari Luhut

Ada momen lucu saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bertemu dengan bos Tesla, Elon Musk di Texas, Selasa kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Luhut menyempatkan memberikan permen kopiko ke Elon Musk, bagaimana reaksinya? 

Menko Luhut dan Elon Musk.

Photo :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

Dikutip VIVA dari akun Instagram @dagelan, Rabu 27 April 2022, nampak Luhut bersama Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri atau Kadin, Anindya Bakrie serta Duta Besar Indonesia untuk AS Rosan Roeslani dan perwakilan dari Indonesia duduk dalam suatu ruangan di pabrik Tesla bersama Elon Musk.

Di sela-sela pertemuan itu, Luhut memberikan permen legendaris Indonesia yakni Kopiko ke Elon Musk. "Very good," ucap Elon Musk sambil memakan dua permen ke mulutnya. Simak berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya