Jokowi Tak Menginap di Ukraina, Motor Tidak Perlu Daftar MyPertamina

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di kereta api menuju Ukraina.
Sumber :
  • Instagram @sekretariat.kabinet

VIVA – Kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi ke Ukraina menjadi pemberitaan yang cukup menarik perhatian. Jokowi yang menggunakan kereta luar biasa (KLB) ke Ukraina langsung bertemu dengan Presiden Ukraina Zelensky. Usai bertemu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun langsung kembali ke Polandia dan bermalam di dalam kereta luar biasa (KLB).

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Presiden Jokowi pun diagendakan akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin usai kunjungan ke Ukraina.

Selain berita perjalanan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia, berita menarik lainnya yaitu mengenai kebijakan pembelian BBM jenis pertalite dan solar yang menggunakan aplikasi MyPertamina. Kebijakan yang akan dilakukan uji coba pada 1 Juli hanya berlaku untuk kendaraan roda empat. Artinya sepeda motor tak berlaku dan tetap membeli BBM seperti biasa.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Beberapa berita terpopuler di atas sepanjang Kamis, 30 Juni 2022 dan berita menarik lainnya akan dirangkum dalam round up:

1. Presiden Jokowi-Iriana Tak Menginap di Ukraina, Bermalam di Kereta

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rampung mengunjungi Kiev,  Ukraina pada Rabu, 29 Juni 2022 malam waktu setempat. Tak menginap di Ukraina, Presiden Jokowi langsung kembali ke Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa (KLB).

Jokowi sebagaimana keterangan pers yang diterima, disebutkan sudah berada di Stasiun Central Kiev pada pukul 19.00 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Stasiun Prezemyl, Polandia esok harinya. Artinya Jokowi dan rombongan akan menghabiskan malam di Dalam kereta khusus tersebut.

Di Ukraina Jokowi tiba di Kiev pada Rabu pagi dan langsung mengunjungi Kota Irpin yang sempat digempur Rusia. Setelah itu Jokowi dan ibu negara Iriana mengunjungi rumah sakit di Kiev untuk memberikan bantuan obat-obatan. Setelah itu pada pukul 15.00 waktu setempat, Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Baca selengkapnya di sini

2. Presiden Zelensky Unggah Pesan Menyentuh Usai Bertemu Jokowi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunggah video pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak lama setelah pertemuan mereka berakhir pada Rabu, 29 Juni 2022. Melalui akun Instagram resminya @zelenskiy_official, Presiden Ukraina itu menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan itu.

"Kunjungan demi kunjungan para mitra kami tak pernah berhenti. Hari ini saya bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kiev. Saya sangat bersyukur dalam masa yang amat sulit ini bagi negara kami, kami bisa mendapatkan dukungan dari rakyat dan negara Indonesia," dituliskan dalam caption di unggahan video tersebut.

Zelensky mengunggah saat Presiden Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kiev yang merupakan istana kepresidenan negara itu. Begitu Presiden Jokowi tiba dan turun dari mobil, Zelensky menyambut dan menghampirinya. Kedua pemimpin negara lalu tampak berjabat tangan dengan erat.

Baca selengkapnya di sini

3. Presiden Ukraina Pekikkan Merdeka dalam Bahasa Indonesia

Dalam konferensi pers di Istana Maryinsky di Kiev bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan sejumlah poin yang yang dibicarakan dalam pertemuan empat mata tersebut.

Zelensky mengawali dengan ucapan terima kasih atas kedatangan Presiden Jokowi ke Ukraina. Apalagi Jokowi adalah Presiden pertama di Asia yang mau datang ke sana setelah Ukraina digempur Rusia sejak Februari 2022 silam. Hal tersebut kata Zelensky adalah bentuk dukungan yang amat berharga.

Presiden tersebut juga mengatakan negaranya pada saat ini sedang mengalami masa yang sangat berat dan berharap perang bisa berakhir. Oleh karena dalam pertemuan tersebut Zelensky juga mengatakan membahas rencana rekonstruksi apabila negaranya sudah tidak terancam gempuran.

Baca selengkapnya di sini

4. Jangan Salah, Sepeda Motor Tidak Perlu Daftar Beli Pertalite dan Solar

Pemerintah melalui PT Pertamina Patra Niaga akan memberlakukan pembelian BBM jenis pertalite dan solar dengan mendaftar lebih dahulu di website atau aplikasi MyPertamina. Kebijakan ini akan diterapkan mulai 1 Juli 2022 mendatang.

Ada 11 daerah yang akan digunakan sebagai uji coba penerapan kebijakan ini. Salah satunya adalah Kota Yogyakarta. Rencananya ada 18 SPBU di Kota Yogyakarta yang akan dipakai uji coba.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengatakan, kebijakan pembelian pertalite dan solar memakai aplikasi MyPertalite ini hanya untuk kendaraan roda empat.

Baca selengkapnya di sini

5. Ini Tawaran-tawaran Jokowi Saat Bertemu Presiden Ukraina Zelensky

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang ditujukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal tersebut menjadi salah satu topik pembahasan dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu waktu setempat.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan, sebagaimana informasi dari Biro Pers Sekretariat Presiden.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya