Puasa Arafah Ikut Mekah atau Indonesia, ACT Diduga Danai Terorisme

Umat Islam tiba untuk melaksanakan Wukuf di Arafah, Arab Saudi
Umat Islam tiba untuk melaksanakan Wukuf di Arafah, Arab Saudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Yosri/rwa

VIVA Round Up – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal Zulhijah 1443 Hijriah pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan demikian, puasa Arafah yang dilakukan pada 9 Zulhijah jatuh pada 9 Juli dan hari raya Idul Adha 10 Zulhijah dirayakan keesokan harinya, yakni 10 Juli 2022.

Kondisi ini berbeda dengan Arab Saudi, dimana jemaah haji melaksanakan puncak haji yakni wukuf di Arafah pada Jumat 8 Juli dan Idul Adha pada 9 Juli 2022. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun memberikan pandangannya terkait hal ini, termasuk hukumnya berpuasa di saat negara lain sudah berhari raya.

kabar lain datang dari lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap atau ACT yang tersandung tuduhan penyelewengan dana umat. Indikasi ini semakin diperkuat dengan pernyataan PPATK yang menyebut adanya indikasi lembaga kemanusiaan itu ikut mendanai kegiatan terorisme.

Berita-berita menarik VIVA News ini dapat Anda simak dalam round up berikut ini:

1. Puasa Arafah Ikut Indonesia Atau Mekah? Ini Penjelasan MUI 

Ketua MUI Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam

Ketua MUI Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.
 
Ketetapan ini berbeda dengan Arab Saudi yang menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. Lantas bagaimana dengan pelaksanaan puasa arafah dengan perbedaan tersebut?