Perwira TNI-Polri Bergelar Habib hingga Momen Haru Irjen Ferdy Sambo

Ilustrasi/Prajurit TNI
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVA Round Up – Menjadi seorang prajurit TNI atau Polri merupakan kehormatan. Mereka yang terpilih dan menempuh pendidikan sebagai prajurit TNI/Polri akan dididik untuk menjadi prajurit Sapta Marga dan Bhayangkara negara.

Warga Terdampak Ledakan Gudmurah Belum Terima Ganti Rugi, Bey Machmudin Bilang Begini

Ternyata, ada sejumlah habib yang memilih untuk menjadi prajurit TNI/Polri. Berita tentang para perwira TNI/Polri yang bergelar habib tersebut menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Kamis, 14 Juli 2022.

Tak hanya berita soal perwira TNI/Polri bergelar habib yang menarik perhatian pembaca. Berita tentang video momen haru Kadiv Propam Irjen Polisi Ferdy Sambo menangis di pundak Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran juga menarik perhatian pembaca.

Helikopter Carakal TNI AU Dikerahkan Evakuasi Korban Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Luwu

Selain itu ada berita tentang AKBP Brotoseno yang dipecat dari Polri. Berita tersebut juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, kemarin.

Sejumlah berita lainnya pun menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Kamis, 14 Juli 2022. Berikut ini lima di antaranya yang VIVA rangkum dalam tulisan round up:

Terkuak Penyebab Fortuner Pelat Polisi yang Kecelakaan di MBZ Berubah Pelat Nomornya

1. 7 Prajurit TNI-Polri Ini Ternyata Bergelar Habib, Ada Penerbang F-16

Menjadi seorang prajurit TNI atau Polri merupakan kehormatan. Mereka yang terpilih dan menempuh pendidikan sebagai prajurit TNI/Polri akan dididik untuk menjadi prajurit Sapta Marga dan Bhayangkara negara, dan sejak itu seluruh hidup mereka dicurahkan untuk bangsa dan negara.  

Jalan itu pula yang dipilih sebagian dari para habaib (habib) atau mereka yang memiliki garis keturunan-nasab dengan Rasulullah Nabi Muhammad SAW, menjadi prajurit TNI/Polri. 

Tak seperti kebanyakan habib yang kita kenal, mereka umumnya menjadi pemuka agama, guru atau berdagang, tapi mereka memilih jalan berbeda sebagai abdi negara yang ditugaskan berada paling depan menjaga pertahanan, keamanan negara dan ketertiban masyarakat. Baca berita selengkapnya di sini.

2. VIDEO: Tangis Haru Irjen Ferdy Sambo di Pundak Kapolda Metro

Raut kesedihan terpancar di muka Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Ini terekam dalam sebuah video yang diterima VIVA. Dalam video berdurasi singkat ini menunjukan adanya pertemuan antara Irjen Ferdy Sambo dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di ruang kerja Ferdy pada Rabu pagi, 13 Juli 2022 kemarin. 

Irjen Ferdy Sambo dan Irjen Fadil Imran

Photo :
  • Dokumentasi Pribadi

Fadil datang ke kantor Ferdy memakai seragam dinas kepolisian. Begitu tiba, Sambo langsung menghampiri Fadil sambil berjabat tangan. Kemudian, Fadil langsung memeluk erat Sambo sambil diusap-usap supaya sabar menghadapi masalah ini. Simak berita selengkapnya di sini.

3. Momen Haru Irjen Ferdy Sambo Nangis di Pundak Irjen Fadil Imran

Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran mendatangi Kantor Ruang Kerja Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di Mabes Polri pada Rabu, 13 Juli 2022. Tampaknya, kedatangan Fadil untuk menyampaikan keprihatinan dan memberikan motivasi kepada sang juniornya itu. 

Diketahui, istri Sambo yakni PC diduga mendapat perlakuan kekerasan seksual oleh sopirnya Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumahnya pada Jumat, 8 Juli 2022. Selain itu, istri jenderal bintang dua ini juga ditodong senjata api kepalanya oleh Brigadir J.

Lalu, Bharada RE atau E yang merupakan ajudan Kepala Divisi Propam bergerak menuju titik suara teriakan minta tolong dari kamar istri Sambo. Begitu turun tangga, Brigadir J ditanya oleh Bharada RE ada apa. Tapi, Brigadir J malah menembaki Bharada RE. Baca berita selengkapnya di sini.

4. AKBP Brotoseno Dipecat Tidak Hormat dari Polri

Tim Komisi Kode Etik Polri Peninjauan Kembali (KKEP PK) telah memutuskan sanksi terberat kepada perwira menengah (Pamen) Polri, AKBP Brotoseno yakni memberhentikan tidak hormat alias dipecat dari anggota kepolisian. 

AKBP Raden Brotoseno

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

“Hasil KKEP PK memutuskan untuk memberatkan putusan sidang KKEP PK terhadap AKBP Brotoseno berupa PTDH, pemberhentian dengan tidak hormat sebagai anggota Polri,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah di Mabes Polri pada Kamis, 14 Juli 2022.

Menurut dia, Sidang KKEP PK digelar pada Jumat, 8 Juli 2022 sekira 13.30 WIB. Adapun, putusan KKEP PK itu berdasarkan Nomor: TUT KKEP PK/I/VII/2022. Menindaklanjuti hasil putusan KKEP PK tersebut, maka sekretariat KKEP PK akan mengirimkan putusan KKEP PK ke SDM untuk ditindaklanjuti dengan menerbitkan KEP PTDH. Simak berita selengkapnya di sini.

5. Irjen Fadil Imran: Saya Support Adik Sambo, Ini Tidak Mudah

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran angkat bicara terkait videonya mendatangi kantor Ruang Kerja Kepala Divisi Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di Mabes Polri. Mantan Kapolda Jawa Timur tersebut mengatakan, kedatangannya dalam video itu untuk memberikan support ke Sambo.

Seperti diketahui, dua ajudan Sambo, Brigadir Polisi J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dan Bharada RE atau E terlibat baku tembak berdarah. Dalam kejadian ini, Brigpol J tewas. Kejadian itu terjadi di rumah dinas Sambo.

"Saya memberikan support pada adik saya Sambo, agar tegar menghadapi cobaan ini. Ini tidak mudah dan dapat menimpa siapa saja," kata Fadil, Kamis 14 Juli 2022. Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya