Mahasiswi UI Bunuh Diri, Reaksi Firli Bahuri soal Harta Rafael Alun hingga Ledakan di Malang

Ilustrasi bunuh diri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin

VIVA Round Up – Selamat pagi VIVAnians. Mengawali pekan ini, VIVA.co.id kanal news akan menyajikan lima berita terpopuler sepanjang Minggu kemarin, 12 Maret 2023 yang sayang anda lewatkan.

Baru Dipakai 39 Km, Xiaomi SU7 Ini Rusak Total

Berita pertama soal mahasiswi Universitas Indonesia (UI) yang tewas diduga karena bunuh diri. Mahasiwi berinisial MPD (21) loncat dari lantai 18 apartemen di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Sebelum tewas, mahasiswi ini meninggalkan pesan melalui media sosialnya.

Berita kedua mengenai Menkopolhukam Mahfud MD yang berkomunikasi dengan pimpinan KPK Firli Bahuri soal harta kekayaan eks pejabat pajak, Rafel Alun, Namun, saat diberi informasi hal tersebut, Firli Bahuri mengaku tidak mengetahuinya.

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

Kemudian berita ketiga masih seputar Mahfud MD, dimana berita kali ini Mahfud membeberkan kronologi terbongkarnya safe box deposito milik Rafael Alun yang berisi Rp 37 miliar.

Selanjutnya berita keempat datang dari luar negeri tepatnya di China. Selama dua hari, warga Provinsi Liaoning dihujani ribuan cacing yang turun dari langit.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Terakhir ada berita mengenai ledakan yang terjadi di Malang. Diduga ledakan yang berasal dari petasan ini menewaskan satu orang dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

Lima berita terpopuler di atas bisa anda baca lengkapnya dan terangkum dalam round up. Selamat membaca !!

1. Mahasiswi UI yang Terjun dari Lantai 18 Apartemen Sempat Unggah IG Story Minta Maaf

Kantong jenazah. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Mahasiswi Universitas Indonesia (UI) berinisial MPD (21) tewas diduga karena bunuh diri. Mahasiswi itu melompat dari lantai 18 apartemen di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Sebelum melakukan aksi nekat, korban sempat mem-posting permintaan maaf di media sosial Instagram miliknya. Isi Instagram Story itu, MP menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga dan teman-temannya.

"Kemudian almarhum sebelum lompat sempat menyampaikan story intinya menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga dan juga teman-temannya," kata Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Tribuana Roseno saat dikonfirmasi, Sabtu malam, 11 Maret 2023.

Baca selengkapnya di sini

2. Mahfud MD Ungkap Reaksi Firli Bahuri Soal Harta Rafael Alun: Wah Saya Belum Tahu Bos

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri

Photo :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan reaksi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam menyikapi kejanggalan harta dari mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

Awalnya, Mahfud MD menerangkan polemik atas janggalnya harta ayah Mario Dandy Satriyo itu. Mahfud kemudian menanyakan ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal kebenaran harta Rafael Alun.

"Terus ditunjukkan surat tahun 2013 kepada KPK, bukan kepada menteri keuangan. Ada suratnya, 'sudah dilaporkan pak bahwa ini agaknya kurang beres orangnya', 2013 surat itu disampaikan ke KPK," ujar Mahfud di Kementerian Keuangan, Sabtu 11 Maret 2023.

Baca selengkapnya di sini

3. Mahfud MD Beberkan Kronologi Terbongkarnya Safe Deposit Box Rafael Alun Berisi Rp37 Miliar

Rafael Alun Trisambodo Usai Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD membeberkan detik-detik safe deposit box milik Rafael Alun Trisambodo terbongkar. Mantan pejabat pajak itu kini telah disorot lantaran harta kekayaannya yang tidak wajar.

Mulanya, kata Mahfud, Rafael Alun sempat beberapa kali pergi ke bank dalam periode tertentu. Namun, pihak Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengendus aktivitas Rafael Alun yang dianggap tidak wajar. 

"Beberapa hari sudah bolak-balik tuh dia ke berbagai deposit box itu. Pada suatu hari, pagi dia datang ke bank untuk membuka itu, langsung di blokir sama PPATK," ujar Mahfud MD saat konferensi pers di Kemenkeu, Sabtu 11 Maret 2023.

Baca selengkapnya di sini

4. Viral Video Hujan Cacing yang Terjadi di China

Hujan cacing di Beijing, China

Photo :
  • Rio Times

Sudah dua hari, warga di China, lebih tepatnya di Provinsi Liaoning diperingatkan untuk membawa payung jika keluar rumah. Bukan, kota itu bukan dilanda hujan air yang deras, melainkan ulat-ulat kecil-sedang yang berjatuhan dari langit.

Dalam video yang beredar, warga di Liaoning, China, melansir New York Post, tampak seperti biasa, hanya berjalan dengan membawa payung ditangan mereka, seperti tak terganggu. 

Video viral di internet itu menunjukkan daerah itu tampaknya dihujani ribuan cacing-cacing yang turun dari langit, terlihat berceceran di seluruh jalanan dan mobil.

Baca selengkapnya di sini

5. Ledakan di Kasembon Malang, 1 Orang Tewas dan 3 Luka-luka

Kondisi rumah yang rusak akibat ledakan di Kasembon Malang

Photo :
  • ANTARA/HO-Warga Dusun Pulosari

 Ledakan terjadi di sebuah rumah yang berada di RT 7 RW 11 dusun Pulosari, Ngantang, Kabupaten Malang, pada Sabtu, 11 Maret 2023 malam sekira pukul 19.00 WIB. Dugaan sementara ledakan tersebut karena serbuk petasan yang tersimpan di dalam rumah seorang warga.

Kapolsek Kasembon AKP Windu Hadi mengatakan bahwa awal mula polisi mengira ledakan disebabkan oleh gas LPG. Namun, saat mereka tiba di lokasi informasi berkembang bahwa ledakan disebabkan oleh bubuk petasan atau mercon.

"Kami ke TKP pertama informasi ledakan dari gas LPG. Perkembangan ada yang mengatakan petasan. Kami belum bisa memastikan saat ini masih menunggu hasil Jibom Polda Jatim untuk identifikasi biar pasti penyebabnya apa," kata Windu, Minggu, 12 Maret 2023.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya