Kuota Pendamping Jemaah Haji Lansia Dihapus, Debat soal Bus Masuk JIS hingga Keluar dari Islam

Jemaah haji lansia
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Round Up – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bakal menghapus kuota pendamping untuk jemaah haji lansia. Kebijakan ini diklaimnya demi penyelenggaraan haji yang berkeadilan. Berita soal kebijakan ini menjadi terpopuler VIVA.co.id kanal news.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Selain itu, ada juga berita soal haji dimana sejak tahun 2018, jemaah haji asal Malaysia tidak menerapkan Arbain di Madinah.

Lalu berita terpopuler lainnya soal perseteruan antara menantu dan mertua soal cincin kawin di Jombang, Jawa Timur.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Selanjutnya debat sengit antara anggota exco PSSI sekaligus juru bicara Menteri BUMN, Arya Sinulingga dan relawan dan juga juru bicara Anies Baswedan, Geisz Chalifah soal bus masuk Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Terakhir ada berita datang dari internasional. Seorang pria asal Mesir yang ditangkap di Rusia karena melecehkan kitab suci umat muslim Al Quran.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Berita di atas adalah lima yang terpopuler sepanjang Sabtu, 8 Juli 2023. Semuanya bisa anda baca kembali dalam round up di bawah ini:

1. Menag Ungkap Alasan Akan Hapus Kuota Pendamping Jemaah Haji Lansia

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas di Bandara King Abdul Aziz Jeddah

Photo :
  • MCH 2023/ Romadanyl

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bakal tetap menghapus kuota pendamping jemaah lanjut usia (Lansia) pada musim haji 2024. Kebijakan itu diklaim demi penyelenggaraan haji yang berkeadilan. 

Menurutnya, pendamping akan mengganggu sistem antrean dan merugikan jemaah lainnya, mengingat jumlah lansia tidak sedikit.

"Kalau pendamping kami masukkan, antreannya pasti yang seharusnya berangkat dia akan tergeser karena diambil kuotanya oleh pendamping,” kata Yaqut dalam keterangannya diterima awak media, Sabtu, 8 Juli 2023.

Baca selengkapnya di sini

2. Sejak 2018 Jemaah Haji Malaysia Tidak Terapkan Arbain di Madinah, Apa Alasannya?

Direktur Eksekutif Haji pada Tabung Haji Malaysia Dato Sri Syed Saleh

Photo :
  • MCH 2023

Kegiatan Arbain di Madinah menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan jemaah saat melaksanakan ibadah haji. Arbain yang merupakan salat wajib berjamaah selama 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi, merupakan rangkaian ibadah sunnah yang sering dilakukan jemaah haji Indonesia.

Bukan cuma dilakukan oleh jemaah haji Indonesia, amalan ini awalnya banyak dijalani jemaah dari sejumlah negara, termasuk Malaysia. Untuk menjalaninya, jemaah harus tinggal di Madinah antara delapan sampai sembilan hari.

Tapi rupanya, sejak 2018, Malaysia justru sudah tidak lagi menerapkan Arbain untuk para jemaah haji mereka. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengurangi anggaran tinggal di Madinah. “Sejak 2018, kita tidak ada Arbain. Ini bagian upaya mengurangi cost di Madinah,” terang Direktur Eksekutif Haji pada Tabung Haji Malaysia Dato Sri Syed Saleh, Jumat, 7 Juli 2023.

Baca selengkapnya di sini

3. Perseteruan Cincin Kawin Gagal Dimediasi, Menantu Lanjut Polisikan Mertua di Jombang

Diana Suwito bersama pengacaranya usai melakukan mediasi di Polsek Jombang

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Perseteruan antara mertua dan menantu di Jombang, Jawa Timur, yang berujung pelaporan polisi, sempat dimediasi. Permintaan mediasi ini, didasari atas permintaan Yeni Sulistyowati (78) selaku mertua dari Diana Suwito (46) warga Surabaya.

Kuasa hukum Diana Suwito, Andri Rachmad menjelaskan, pihaknya mendampingi kliennya mendatangi Polsek Jombang, pada Kamis, 6 Juli 2023.

"Ini tadi kami baru selesai mendatangi Polsek Kota, dalam rangka panggilan terlapor dan penyerahan terhadap barang bukti yang kita laporkan," kata Andri, Jum'at 7 Juli 2023.

Baca selengkapnya di sini

4. Debat Sengit Jubir Menteri BUMN dengan Geisz soal Bus Masuk JIS

Jakarta Internasional Stadium

Photo :
  • Instagram: Anies Baswedan

Polemik rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) terus berlanjut. Pemerintah dan PSSI menyebutkan sejumlah komponen seperti akses masuk bus pemain hingga rumput stadion menjadi alasan untuk direnovasi, sehingga nanti turut dapat digunakan saat Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Indonesia.

Seiring itu, pro kontra di masyarakat pun timbul terhadap rencana renovasi tersebut. Banyak pula yang mengaitkan masalah itu dengan politik, sebab Stadion JIS dibangun saat bakal Capres Anies Baaswedan menjabat Gunernur DKI, yang notabene berbeda arah politik dengan pemerintahan Jokowi saat ini. 

Anggota Executive Comitee (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, saat menjadi salah satu narasumber Indonesia Lawyers Club (ILC) yang disiarkan Jumat, 7 Juli 2023, mengklaim bahwa faktanya bus besar tidak bisa masuk sampai pintu pemain di JIS. 

Baca selengkapnya di sini

5. Keluar dari Islam, Pria Mesir Robek dan Siram Al Quran Pakai Alkohol

Ilustrasi Al-quran.

Photo :
  • Pixabay.

Pihak berwenang Rusia, tepatnya di kota Ulyanovsk telah menahan seorang warga negara Mesir yang muncul dalam video yang tampak melecehkan kitab suci umat Muslim Al Quran.

Dilansir dari Middle East Monitor, Sabtu, 8 Juli 2023, pria yang diidentifikasi bernama Saeed Abdel Razek berusia 28 tahun, telah melarikan diri dari Mesir pada musim panas 2019 setelah keluar dari Islam dan kini menganut agama Kristen.

Saat itu, pria tersebut diduga menerima ancaman pembunuhan akibat pindah agama.

Baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya