Penentuan Akhir Ramadhan Jadi Perbincangan Hangat di Eropa

Misteri Pertengahan bulan Ramadhan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ibadah puasa pada bualan Ramadhan 1440 Hijriah ini telah memasuki malam ke-18 pada Selasa 12 Mei 2020. Umat muslim pun kini dituntut lebih khusyuk dan fokus beribadah meski di tengah suasana pandemi wabah corona sekarang ini.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Kondisi masyarakat dan seluruh lini kehidupan yang tengah prihatin dan serempak berjuang bersama melawan penyebaran virus COVID-19 menjadi warna tersendiri Ramadhan kali ini.

Hampir mayoritas kegiatan ibadah umat Muslim kini harus dilaksanakan dari rumah saja. Masjid dan tempat ibadah lainnya harus tutup sementara untuk menekan semaksimal mungkin wabah ganas tersebut.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Baca juga: Meme Lucu Taufik Hidayat Bongkar Korupsi Imam Nahrawi

Dengan lingkungan dan suasana yang terasa sangat berat ini, mulai banyak pertanyaan yang mengemuka tentang kapankah tanggal dari akhir Ramadhan kali ini akan tiba.

Pemudik Sudah Bisa Manfaatkan Mudikpedia

Pertanyaan tentang kapan akhir Ramadhan tahun ini salah satunya mengemuka dari kawasan Midlands, Inggris dan wilayah Britania Raya pada umumnya.

Dilansir Birmingham Mail, sebuah artikel yang mengangkat soal analisa jatuhnya waktu akhir bulan Ramadhan menarik untuk disimak.

Ramadhan dimulai pada hari Jumat 24 April bagi mereka yang mengikuti pengumuman yang dibuat di Arab Saudi, maka mereka pun tentunya akan mematuhi kalender sebelumnya yang digunakan oleh pemerintah Saudi untuk waktu kapan tepatnya akhir Ramadhan.

Kalender Saudi ini menyatakan bahwa Ramadhan akan berakhir setelah 30 hari pada Sabtu 23 Mei, dengan Idul Fitri pada hari Minggu 24 Mei.

Baca juga: Aksi Wiranto di Video Klip Lagu “Ga Mudik, Ga Papa”

Sementara itu, bagi mereka yang memilih perhitungan awal Ramadhan berdasarkan pada sistem yang termasuk pada Green Lane Mosque dan Community Center di Birmingham, merupakan bagian dari kelompok masjid yang menyelenggarakan perayaan Idul Fitri tahunan terbesar di Eropa di Small Heath Park.

Para pejabat Islam mencari bulan baru pada hari ke 29 setiap bulan dan jika mereka melihatnya, maka bulan Ramadhan tahun ini berakhir hari itu. Jika tidak terlihat, maka perhitungan bulan berlanjut ke hari berikutnya.

Sedangkan bagi yang Ramadhan-nya dimulai pada Sabtu 25 April untuk tanggal-tanggal tersebut berdasarkan konfirmasi bulan baru di Inggris, Pakistan, Maroko dan beberapa lokasi lainnya.

Jadi, untuk jemaah dan komunitas yang mengikuti konfirmasi bulan di Inggris, Pakistan dan Maroko, Ramadhan akan berakhir pada hari ke 29 (Sabtu 23 Mei) atau 30 hari (Minggu 24 Mei) dengan Idul Fitri pada hari berikutnya , baik hari Minggu 24 Mei atau Senin 25 Mei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya