Fadhilah Membaca Surat Yasin

Sorot ghirah - Umat muslim melakukan ibadah ramadan dengan membaca Alquran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Surat Yasin merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam Al-Quran. Surat ini menjadi salah satu yang banyak orang baca karena mempunyai banyak fadhilah dan juga banyak sekali diutamakan dalam setiap kegiatan agama.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Dikutip dari NU Online pada hari Jumat, 08 Mei 2020, ada beberapa fadhilah yang terdapat ketika membaca surat Yasin. Surat ini dapat dibaca saat kita tengah mengharap rezeki Allah SWT, memohon sembuh dari penyakit, sedang mendapatkan ujian, dan lain sebagainya.

Tidak terlepas dari itu, seperti apa yang dijelaskan oleh salah satu Hadist, bahwa membaca surat Yasin dapat memberikan ampunan oleh Allah SWT di akhirt kelak. Dan hadits ini berlaku bagi orang yang masih hidup dan sudah wafat.

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Artinya :  “Surat Yasin adalah jantung Al-Qur'an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat,” (Hadits Riwayat Nasa’i bersumber dari Ma’qal bin Yasar al-Muzan yang berujar bahwa Rasulullah pernah bersabda demikian).

Selain itu, Rasulullah pun pernah bersabda : “Laqqinu mautakum La ilaha illallah” yang artinya “Tuntunlah orang mati dengan kalimat La ilaha illallah”. Selain itu dalam hadits  itu juga menjelaskan tentang bacaan Yasin di atas makam. (Kitab Kasyifatus Syubhat)

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa fadhilah yang ada dalam membaca surat Yasin itu sendiri. Seperti apa yang dijelaskan dalam kitab bernama “Tafsir Yasin lil Hamamy”

Jika seorang muslim dan muslimah yang tengah sekarat kemudian dibacakan surat Yasin, maka ada 10 malaikat yang turun dari huruf-huruf Yasin yang dibaca. Para malaikat itu berbaris di samping muslim’muslimah itu dan membacakan sholawat dan istighfar kepadanya sampai menemani saat jenazah dimandikan hingga mengantarkan ke makam.

Sementara itu, dalam kitab Audhaul Ma’ani Ahadits Riyadh as Shalihin dijelaskan, Surat Yasin bisa menjadi bekal orang yang tengah sakaratul maut layaknya ia membawa susu kental dalam sebuah perjalanan. Dan surat Yasin juga dibaca untuk seseorang setelah meninggal di rumah atau di makam.

Penulis: Abdullah Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya