8 Tips Sehat Selama Puasa di Tengah Pandemi

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selasa 13 April 2021 umat muslim di Tanah Air mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa bertujuan sebagai cara untuk mereset tubuh, pikiran dan jiwa. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Selain itu, berpuasa diketahui bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Dr. Fevzi Özgönül mengatakan, puasa bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan dan mengistirahatkan tubuh dengan diet yang tepat.

"Waktu makan berubah selama bulan Ramadhan dan merupakan minat kami untuk menggunakan puasa berjam-jam untuk kepentingan tubuh kita," kata Dr. Özgönül seperti dikutip dari daily sabah

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Namun tidak sedikit dari kita saat berbuka mengonsumsi makanan yang terlalu banyak sehingga membuat tubuh justru kaget. Belum lagi mengonsumsi makanan yang asam dan pedas dapat memicu maag bagi penderita maag. Belum lagi konsumsi makanan yang kurang tepat selama sahur membuat seseorang kurang loyo saat berpuasa. 

Untuk menghindari hal tersebut, Dr. Özgönül memberikan tips untuk Anda agar sehat selama Ramadhan. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

1. Jangan melewatkan sahur

Photo :
  • U-Report

Dr. Özgönül menjelaskan sahur penting untuk kenyang lebih lama, maka dari itu penting untuk tidur lebih awal sehingga bisa sahur. 

2. Apa yang Anda makan untuk sahur juga penting untuk Ramadhan yang sehat

Photo :
  • U-Report

Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang Anda makan untuk sarapan serta daging tanpa lemak dan sup. Özgönül juga memperingatkan orang untuk tidak makan buah apa pun di sahur.

3. Minum banyak air saat sahur

Photo :
  • Pexels/Lisa Fotios

Selama jam puasa, Anda tidak akan bisa minum air, sehingga menggantinya dengan minum banyak air saat sahur.

4. Jangan minum terlalu banyak saat berbuka

Photo :
  • U-Report

Setelah puasa berjam-jam, tubuh Anda akan membutuhkan banyak air tetapi Dr. Özgönül memperingatkan untuk tidak terlalu banyak minum air saat berbuka puasa. Jika Anda minum lebih dari dua gelas air, itu bisa membuat Anda kenyang dan mencegah Anda makan makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh Anda.

6. Berbuka dengan kurma

Photo :
  • U-Report

Dr. Özgönül juga menyarankan berbuka puasa dengan sedikit zaitun, kurma atau kacang-kacangan. Setelah itu beri waktu 10 menit untuk perut beristirahat sebelum menyantap hidangan utama. 

7. Jalan kaki setelah buka puasa

Photo :
  • Pixabay/Mabel Amber

Sebelum memakan hidangan utama saat berbuka puasa, sebaiknya berjalan-jalan kecil di sekitar rumah. Selain itu, ada baiknya untuk berkeliling setelah berbuka puasa, jadi berjalan-jalanlah atau kunjungi masjid untuk tarawih.
 
8. Jangan minum kafein

Photo :
  • U-Report

Minuman dengan kafein menyebabkan dehidrasi jadi pastikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi teh, kopi, atau minuman bersoda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya