Tim Burton dan Netflix Dikecam karena Diduga Rasis

Serial Netflix Wednesday
Serial Netflix Wednesday
Sumber :
  • IMDb

VIVA Showbiz – Meski serial Netflix buatan Tim Burton yang berfokus pada tituler Addams Family, yaitu Wednesday, menjadi salah satu serial dengan penonton terbanyak, serial ini ternyata mendapat kecaman di media sosial karena dianggap rasis kepada orang kulit berwarna.

Beberapa netizen turun ke Twitter untuk meledakkan nada rasial pada serial Wednesday dan karakterisasi karakter hitamnya setelah rilisan perdana di Netflix pada 23 November 2022 silam. 

Masalah berpusat pada bagaimana aktor kulit hitam yang ditampilkan dalam pemeran ensembel di serial tersebut digambarkan sebagai seorang penjahat dan pengganggu acara atau pem-bully sang tokoh utama, Wednesday Addams

Sang sutradara Tim Burton juga dituduh melakukan rasisme karena Netflix disebut tutup kuping karena tidak melihat masalah apa pun dengan penggambaran semacam itu, melansir CBR, Kamis, 30 November 2022. 

Tokoh antagonis dalam film Wednesday

Tokoh antagonis dalam film Wednesday

Photo :
  • Netflix

Secara khusus, kontroversi tersebut melibatkan casting aktor Nigeria Joy Sunday (Bianca Barclay) sebagai gadis jahat di Nevermore Academy dan Iman Marson (Lucas Wilson) sebagai pembully dan putra walikota yang korup.

Ayah Wilson dalam acara itu juga pemilik Tanah Peziarah, sebuah keputusan kontroversial dengan sendirinya mengingat ketegangan bersejarah antara penduduk asli Amerika dan Peziarah.

Halaman Selanjutnya
img_title