Hanung Bikin Yenny Wahid Menangis

Yenny Wahid
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Yenny Wahid mengaku menangis selama setengah jam ketika menonton film terbaru garapan Hanung Bramantyo berjudul ‘?’ “Mas Hanung berhasil membuat saya menangis cukup lama. Saya sangat mengapresiasi dan bangga pada film ini,” kata putri almarhum Gus Dur itu di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 7 April 2011.

Menurut Yenny, ada adegan tertentu yang membuat dia meneteskan air mata. “Saat Soleh meninggal ketika ia mengambil bom di gereja. Itu mengingatkan saya pada anggota Banser bernama Riyanto yang meninggal saat menjaga gereja. Riyanto adalah sosok yang menaati perintah dari kyai,” ungkap Yenni.

Yenny tanpa sungkan mengatakan bahwa dia pengagum Hanung Bramantyo. “Saya pengagum karya Mas Hanung.  Bagus dan detail sekali ia membangun suasana. Adegan terkesan kuat dan realistis,” ujarnya. Ia pun mengajak masyarakat Indonesia untuk menonton ‘?’

“Film ini berhasil mengungkapkan pluralisme di Indonesia. Film ini harus ditonton dengan pikiran terbuka,” imbuhnya. Adegan-adegan kontroversial dalam film ini, kata Yenny harus dipahami secara utuh, tidak setengah-setengah.

“Ada adegan orang Islam masuk Kristen, orang Islam berperan sebagai Yesus. Jadi, nontonnya jangan sepenggal-penggal. Intinya film ini berpesan bahwa setiap orang ingin mencari kedamaian,” jelas Yenny.

Di awal film, Hanung menunjukkan betapa majemuk masyarakat Indonesia--Muslim, Katholik, Tionghoa, atau Jawa. Hanung membidik beberapa konflik dan mengemasnya menjadi suatu cerita yang apik. Dia terinspirasi realita di mana perbedaan suku dan agama acapkali menciptakan konflik yang berkepanjangan di Tanah Air.

Film yang berdurasi 104 menit itu sempat kena gunting Lembaga Sensor Film (LSF).  Penambahan tulisan ‘terinspirasi dari kisah nyata’ yang semula ada di awal film, dihilangkan. Adegan yang mempertontonkan kepala babi saat huru-hara terjadi, juga dipotong.

‘?’ dibintangi oleh Revalina S. Temat (Menuk), Reza Rahadian (Soleh), Agus Kuncoro Adi (Surya), Endhita (Rika), Rio Dewanto (Ping Hen), Henky Solaiman (Tan Kat Sun), dan Glenn Fredly (Doni). Film ini juga didukung oleh Yadi Sugandi (Direktur Fotografi), Titien Wattimena (penulis skenario), dan Tya Subiakto (ilustrator musik).

Tak Ada VAR, Indonesia U-23 Vs Guinea U-23 Berakhir Kontroversial

(kd)

Wasit asal Prancis Francois Letexier memberikan kartu merah untuk Shin Tae-yong

2 'Penalti Ghoib' Guinea dari Wasit Francois Letexier Jadi Sorotan, Timnas Indonesia Meradang

Sosok wasit asal Prancis, Francois Letexier menjadi buruan netizen usai Timnas Indonesia U-23 takluk 0-1 dari Timnas Guinea U-23 dalam laga playoff Olimpiade Paris 2024,

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024