Iis Dahlia: TKI Harus Belajar Bahasa

Iis Dahlia
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVAnews - Nasib TKI (tenaga Kerja Indonesia) yang sangat membuat miris hati ternyata mengetuk hati Iis Dahlia. Tanpa pikir panjang, ia langsung menganggukkan kepala saat ditanya kesediaannya untuk menjadi duta TKI oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pimpinan Muhaimin Iskandar. 

"Diajak kerjasama oleh Menteri Menakertrans. Mereka punya program kerja keliling kota yang di daerahnya banyak tenaga kerja Indonesia pergi ke luar negeri, mau memastikan kesiapan TKI sebelum pergi ke luar negeri. jadi jangan berangkat sebelum siap. Ada beberapa yang nantinya mengajak aku untuk ikut, ya," kata Iis di Studio Hanggar, Jakarta Selatan, 19 Desember 2011.

Iis juga mendukung rencana bahwa TKI harus mendapatkan kursus sebelum bekerja ke luar negeri. Misalnya, soal bahasa agar tidak terjadi salah paham antara majikan dan asisten rumah tangga. 

"Program Pak Muhaimin, aku setuju banget. TKI sebelum pergi harus siap berbahasa ke negara yang ia datengin karena umpamanya kalau dia kerja jadi pembantu,  disuruh masak supermi yang dateng nasi goreng. Majikan marah, dong. Banyak soal seperti itu, kenapa pembantu kita dimarahin atau disiksa, karena ketrampilan mereka minim. Kita harus tahu mau ke negara mana yang didatangin, ya, harus belajar bahasanya," kata Iis lagi.

Buat Iis, pelajaran bahasa asing ini dipandang perlu. Tak hanya sekadar 1 atau 2 jam saja, tapi minimal 200 jam dan harus dilakukan oleh PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) yang akan mengirim TKI tersebut ke luar negeri.

Terpopuler: Tahun Teraneh di Sepakbola, Klub Orang Kaya Indonesia Promosi ke Serie A

"Iya dong, aku juga baru tahu kalau PJTKI harusnya menyiapkan waktu 200 jam untuk belajar bahasa. Jadi, banyak PJTKI yang nggak memberikan itu, karena pengen untung gede," ungkap Iis.

"Ada sisi positifnya. Nggak pengen tenaga kerja Indonesia bagaimana-bagaimana di luar negeri 'kan?" kata pelantun lagu 'Hampa Hatiku Ini' menutup obrolan.

Mbah Muntahir dan Istri Berhaji setelah Bertahun-tahun Ngumpulin Duit Parkir
Berawal Cabut Gigi Bungsu, Perempuan Ini Alami Infeksi hingga Meninggal Dunia

Top Trending: Aksi Pria Bersuara Rocker Lantunkan Selawat di Masjid hingga Istri di Ngawi Meninggal

Berita terpopuler pada kanal trending yakni Viral Aksi Pria Bersuara Rocker Lantunkan Selawat di Masjid, Auto Dicari Sutradara Tanah Air

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024