Kenangan Terakhir 'Padi' dengan Bubi Chen

Buby Chen
Sumber :

VIVAnews - Kepergian maestro jazz Bubi Chen membawa duka bagi musisi Tanah Air. Grup band 'Padi' yang pernah berkolaborasi dengan Bubi Chen juga ikut merasa kehilangan. Tahun 2005, Bubi Chen pernah menyumbangkan karyanya dalam lagu "Elok" yang berada di album keempat "Padi" (selftitle).

"Bangga banget bisa kolaborasi dengan beliau. Merupakan suatu kehormatan dia mau berkolaborasi dengan band yang beraliran pop rock kayak Padi," ungkap bassist 'Padi', Rindra, pada VIVAnews, 16 Februari 2012.

Rindra sendiri sudah mengenal Bubi Chen sejak masih tinggal di Surabaya. Perkenalan itu terjadi sekitar tahun 1994, saat Rindra belum tergabung dengan 'Padi'.

"Bandku dulu aliran fusion. Dulu pernah dikasih kesempatan main di radionya om Bubi juga," kata pria 39 tahun itu.

Rindra terakhir kali bertemu dengan maestro jazz asal Surabaya itu pada Java Jazz tahun 2007. Meski bukan musisi jazz, namun Rindra sangat mengagumi Bubi Chen. Bahkan, kata Rindra, Bubi Chen juga pernah menyuruhnya untuk belajar bermain jazz.

"Dulu banget dia pernah ngomong,'Ndra, belajar jazz standar, nanti coba main sama aku'. Tapi sampai sekarang aku tidak berani. Dulu biasanya ada siaran langsung musik jazz di radio Suara Surabaya binaannya," tutur Rindra.

Sementara gitaris 'Padi', Piyu, sempat mengungkapkan rasa dukanya yang mendalam lewat akun Twitter-nya. Beberapa kali dia menulis tentang sosok mendiang Bubi Chen.

"Setelah mengirimkan demo, BUBI CHEN dg low profile mengiyakan tawaran saya, satu hal yg patut ditiru bahwa tdk ada sekat2 dlm berkarya," tulis Piyu.

"Dan semangatnya dalam berkarya dalam musik sungguh menginspirasi sekali, tak sekali pun terlihat lelah dan capek #RIPBUBICHEN."


Bubi Chen meninggal dunia pada usia 74 tahun di Semarang, Jawa Tengah, Kamis 16 Februari 2012. Kepiawaiannya bermain piano membuat namanya terkenal hingga ke mancanegara.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Musisi kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 9 Februari 1938 itu mengawali karirnya di sana dengan membentuk grup bernama 'The Circle'. Selain itu, dia juga tergabung dalam kelompok 'Indonesian All Stars'. Pada 1967 'Indonesian All Stars' tampil di Berlin Jazz Festival.

Pada tahun 1959, Bubi bersama Jack Lesmana, membuat rekaman bertitel "Bubi Chen with Strings" di Lokananta. Pada 1960 rekaman itu pernah disiarkan oleh Voice of Amerika dan dikupas oleh seorang kritikus jazz ternama dari AS, Willis Conover. Dia menyebut Bubi sebagai The Best Pianist of Asia saat usianya masih 22 tahun.

Ilustrasi bertemu calon mertua.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Pertanyaan muncul mengenai kapan tepatnya "usia tua" mulai terasa. Beberapa merasa sudah "tua" saat mencapai 40-an, sementara yang lainnya merasakannya setelah umur ini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024