'5 Penjuru Masjid', Berdakwah Lewat Film

Para pemain Lima Penjuru Masjid
Sumber :
  • Putri Nur/VIVA

VIVA – Satu lagi film karya anak bangsa lahir. 5 Penjuru Masjid atau 5 PM karya milik Humar Hadi mencuri perhatian publik. Melalui film yang ia buat, 5 PM akan hadir dengan memberikan syiar Islam tanpa menggurui dan dibalut dengan sedikit komedi.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Diproduseri oleh rumah produksi Bedasinema Pictures, film ini menceritakan tentang kisah hijrah para pemuda dalam pencarian jati diri, di mana menjalani perjuangan bersama-sama menyampaikan nilai kebaikan dan persahabatan.

Diceritakan, film berdurasi 98 menit ini dengan berlatar tempat di Masjid Al Kautsar. Sebelumnya masjid tersebut selalu sepi dari kegiatan anak muda. Hingga akhirnya satu persatu seperti Gani (Faisal Azhar Harahap), Abian (Zikri Daulay), Budi (Aditya Surya Pratama), Usman (Zaky Ahmad Rivai) dan Bewok (M Taufik Akbar) datang ke masjid tersebut dengan latar belakang masalah masing-masing.

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!

Menjalani proses syuting selama dua tahun hingga akhirnya siap dirilis pada 17 Mei bukanlah hal yang mudah. Humar Hadi yang juga menjadi penulis naskah mengakui mengalami banyak kesulitan terutama perihal teknis berakting karena tidak hanya menggaet pemain lama, namun juga melibatkan pemain baru.

"Cukup banyak kesulitan, aku memang harus punya sabar banget. Pertama, mereka belum tahu blocking-blocking kamera, jadi lumayan sih aku sabar, sabar saja," ucap Humar Hadi saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 6 April 2018.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Tidak hanya pemeran yang telah disebutkan tadi, 5 PM ini juga turut menggaet beberapa aktor seperti Alfie Alfandy, Zaky A Riva'i, Ahmad Syarif dan bintang muda lainnya seperti komika Arafah dan artis remaja Syakir Daulay.

Para pemain 5 Penjuru Masjid

Dijelaskan oleh sang sutradara bahwa para pemain tersebut tidak melalui casting terlebih dahulu, melainkan undangan, yang sebelumnya beberapa pemain ini sempat terlibat dalam film pendek.

"Awalnya aku langsung melihat mereka, sebelumnya ada beberapa yang sudah main sama aku film pendek. Coba nawarin mau enggak. Aku langsung ngambil, sini kamu, yuk test cam, reading, oke terus nyatuin chemistry berlima," jelasnya.

Melalui film bergenre religi ini diharapkan dapat memberikan pesan dan tersampaikan dengan baik kepada anak muda bahwa tempat terbaik yang ada untuk saling bertemu dan beraktivitas adalah di masjid.

"Kita mau ajak anak-anak muda, yuk ada enggak sih tempat terbaik selain masjid, ada enggak? Masjid adalah tempat terbaik, tempat kita muslim," tutur Humar. (ase)

Dua bintang film Arini, Aura Kasih dan Morgan Oey, benar-benar bikin baper. Chemistry keduanya bikin kita senyum-senyum sendiri. Lihat saja di wawancara khusus ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya