Film Animasi Ini Budi Jadi Acuan Para Pengajar

Film Animasi Ini Budi
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat ini masih berlangsung secara daring. Untuk itu, berbagai cara mulai dilakukan para pengajar agar kegiatan tersebut tetap diminati para siswa. Salah satu caranya adalah melalui story telling.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Beberapa waktu lalu, Paragon Pictures dan Indika Foundation menggelar event workshop kreatif yang diperuntukkan untuk para guru. Dalam workshop tersebut, para guru diajarkan cara membuat sebuah story telling yang menarik bagi siswa dan siswi. 

"Beratnya pengajaran melalui online sangat dirasakan oleh para guru-guru, selain karena kurangnya interaksi, anak kadang gampang terdistraksi. Karena itulah metode ajar yang kreatif diperlukan oleh para guru sehingga workshop ini sangat dinantikan oleh para pengajar," Produser Paragon Pictures, Ellen Xie melalui keterangan tertulisnya. 

Siswa SMKN di Nias Selatan Tewas Diduga Aniaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Salah satu bentuk contoh story telling yang dipilih diajarkan ialah film animasi Ini Budi. Terpilihnya film animasi tersebut karena mengajarkan pentingnya pengetahuan menghargai perbedaan sejak dini, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pelajar ke depannya.

"Saya berharap Ini Budi bisa jadi cara seru untuk membantu menanamkan nilai-nilai toleransi kepada siswa. Ini Budi dapat membuka cara pandang baru untuk guru, bahwa nilai-nilai toleransi dan keragaman dapat diajarkan kepada siswa dengan cara yang menarik,"  ujar Ayu Kartika Dewi, Managing Director Indika Foundation.

Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

Film tersebut juga membawa pesan toleransi dan keragaman. Hal itu karena  menurut Riset Programme for International Students Assessment (PISA) 2018, 41% siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan (bullying) yang disebabkan oleh perbedaan. Untuk itulah, film Animasi Ini Budi menjadi penting untuk dicanangkan menjadi bagian dari materi belajar di sekolah.

"Perundungan adalah salah satu bentuk intoleransi dan ketidakmampuan menghargai perbedaan. Ini Budi juga sangat relevan bagi siswa, karena menggunakan konten video dan platform media sosial yang disenangi anak-anak, sehingga saya berharap siswa dapat lebih mudah memahami nilai toleransi," kata Ayu Kartika.

Film itu juga menghadirkan Inul Daratista, sebagai pengisi suara. Ia berharap Ini Budi dapat memberikan pengaruh positif bagi dunia pendidikan Indonesia.

"Menurut saya, sekarang ini era-nya serba digital, generasi sekarang itu generasi digital. Jadi, pengajaran melalui media animasi atau story telling lebih efektif saat ini, dibandingkan dengan metode text book. Sehingga anak-anak jadi lebih mudah memahami tentang arti keragaman dan bisa langsung diaplikasikan di kehidupan sehari-hari," kata Inul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya