Ini Daftar Selebriti Dunia yang Masuk Pandora Papers

Elton John.
Sumber :
  • Instagram/eltonjohn

VIVA Penyanyi senior dan ternama Elton John, Ringo Starr dan Shakira, masuk dalam laporan Pandora Papers. Sebagai informasi, Pandora Papers merupakan laporan yang membocorkan dokumen, foto dan email yang mengungkap harta tersembunyi, penggelapan pajak, serta kasus pencucian uang, yang digunakan oleh orang-orang kuat dan beberapa orang terkaya di dunia.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Pandora Papers diterbitkan akhir pekan lalu oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), yang juga berada di balik tumpukan dokumen serupa yang dikenal sebagai Panama Papers (juga menyertakan beberapa nama selebriti besar, termasuk Jackie Chan dan Bono).

Sebagian besar dokumen mengeksplorasi transaksi para miliarder dan pemimpin dunia, termasuk Raja Yordania Abdullah II, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, serta presiden Ukraina, Kenya, dan Ekuador. Namun nama ketiga penyanyi di atas ikut muncul, termasuk supermodel Claudia Schiffer dan penyanyi Spanyol Julio Iglesias.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Dokumen lengkap mengenai transaksi selebriti-selebriti tersebut tidak langsung tersedia. Mereka juga tidak dituduh melakukan kesalahan atau melanggar hukum apa pun. ICIJ mencatat, Elton John, Pangeran Harry dan Meghan Markle, merupakan klien dari kantor hukum Tulloch & Co. yang berbasis di London, yang diduga mengamankan aset orang super kaya di Rusia.

Menurut Hollywood Reporter, Shakira, Elton John, Ringo Starr dan Claudia Schiffer, telah mendirikan perusahaan PO Box, di British Virgin Islands, Panama, atau Bahama.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

Kuasa hukum Shakira mengatakan, perusahaan penyanyi asal Kolombia yang disebutkan dalam Pandora Papers, telah dilaporkan dengan benar kepada otoritas pajak Spanyol dan merupakan perusahaan yang sepenuhnya transparan.

"Pada saat itu, perusahaan itu didirikan untuk tujuan operasional tertentu. Perusahaan tersebut tidak memiliki pendapatan atau aktivitas apa pun dan sekarang sedang dalam proses likuidasi" kata kuasa hukum Shakira, dilansir RollingStones, Rabu 6 Oktober 2021.

Sementara itu, kuasa hukum Ringo Starr dan Elton John belum memberikan tanggapan. Sedangkan perwakilan Claudia Schiffer mengatakan pada ICIJ bahwa dia telah membayar pajak dengan benar di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya