Fakta Will Smith, Kekayaan Bersihnya Mencapai US$350 juta

Will Smith di Oscar 2022.
Sumber :
  • AP

VIVA – Will Smith adalah seorang aktor, produser film dan rapper yang telah menjadi salah satu selebriti paling terkenal dan populer di dunia selama beberapa dekade. Pada tulisan ini, Will Smith memiliki kekayaan bersih $350 juta.

Kembangkan Kawasan Hijau, Lippo Cikarang Sudah Tanam 95.427 Pohon

Setiap tahunnya, Will Smith berhasil menghasilkan setidaknya $40 juta dari berbagai usahanya dan telah menghasilkan sebanyak $80 juta dalam beberapa tahun. Misalnya, antara Juni 2019 dan Juni 2020, Will memperoleh $45 juta dari berbagai usahanya, terutama gaji bermain filmnya.

Pada puncak karirnya di tahun 2000-an, Will menghasilkan $20 – $30 juta per film. Dalam beberapa tahun terakhir ia juga telah mendapatkan gaji film tunggalnya yang besar dari Netflix. Dia dilaporkan memperoleh $20 juta untuk film Netflix 2017 "Bright" dan $35 juta untuk sekuelnya.

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Hingga akhirnya tulisan ini dibuat, Will memiliki lebih dari 45 juta pengikut di Instagram, 8 juta pelanggan di YouTube, dan 30 juta pengikut di TikTok.

Masa muda

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Will Smith lahir dan dibesarkan di Philadelphia Barat dari awal yang sederhana sebagai putra seorang administrator sekolah dan insinyur lemari es. Salah satu teman masa kecilnya adalah Jeffrey Allen Townes, yang merupakan DJ lokal yang populer dan akhirnya dikenal sebagai DJ Jazzy Jeff.

Mereka bertemu secara kebetulan ketika Jeff sedang tampil di jalan dan membutuhkan seorang pria hype. Smith melompat pada kesempatan itu dan keduanya memiliki chemistry instan. Mereka akhirnya membentuk grup bernama DJ Jazzy Jeff & The Fresh Prince.

Pada tahun 1986 mereka menangkap tahun Russell Simmons di Def Jam Records yang menandatangani mereka untuk sebuah kesepakatan. Album debut mereka "Rock the House" dirilis pada tahun 1987. Album ini menjadi emas. Album kedua mereka "He's the DJ, I'm the Rapper" dirilis pada tahun 1988. Itu adalah sukses besar, terjual lebih dari tiga juta kopi. Secara total, duo ini akan merilis lima album bersama.

Pada tahun 1988, Will meraih Grammy pertama untuk kategori Rap yang baru dibentuk.

Antara 1988 dan 1990, Will Smith memperoleh sekitar $10 juta dari karir musiknya. Dengan asumsi saat-saat indah akan berlangsung selamanya, Will terus menghabiskan uangnya seolah-olah itu akan ketinggalan zaman. Dia membeli rumah, mobil, pakaian, perhiasan dan banyak lagi. Dia tidak hanya memanjakan dirinya sendiri, dia juga memanjakan teman dan keluarganya. Sayangnya, saat dia memenangkan Grammy, pendengar radio mulai bosan dengan Will dan Jazzy Jeff. Lagu-lagu "radio-friendly" mereka tiba-tiba dicemooh sebagai "rap terjual habis".

Juga, sayangnya, selama masa-masa sulit, Will tidak membayar pajaknya. Pada usia 21 tahun, Will diberitahu bahwa dia lalai membayar pajak senilai $2,8 juta selama tahun-tahunnya yang gemuk. Itu sama dengan utang senilai sekitar $6 juta setelah disesuaikan dengan inflasi.

Sekitar waktu ini, Will didekati oleh produser super Quincy Jones tentang membintangi sebuah acara televisi. Awalnya, Will dengan keras menolak gagasan membintangi sitkom TV. Dia takut bahwa ini akan membuatnya terlihat seperti orang yang lebih laris. Tapi di sisi positifnya, pertunjukan itu datang dengan gaji yang besar.

Jika pertunjukan diperpanjang untuk lebih banyak musim, gajinya akan naik. Dengan dorongan yang tidak terlalu halus dari IRS, Will menandatangani kontrak untuk membintangi sitkom baru berjudul "The Fresh Prince of Bel Air". IRS juga mengatur agar 70% dari gaji Will dipotong sampai utangnya lunas.

Selama wawancara dengan 60 Minutes tahun kemudian, Will mengatakan hal berikut tentang hari-hari awal TV-nya:

" Selama tiga tahun pertama The Fresh Prince of Bel-Air, IRS mengambil 70 persen dari setiap cek dan setelah tahun ketiga saya kembali ke nol. Sungguh mengerikan memiliki kesuksesan seperti itu dan harus diam-diam bangkrut . "

Bintang film

Naik tingkat dari sitkom hitnya, pada tahun 1993 Will dibayar $ 500.000 untuk membintangi "Six Degrees of Separation", di mana ia menerima pujian kritis.

Karir filmnya meningkat pesat pada tahun 1995, ketika ia ikut membintangi film komedi aksi hit, "Bad Boys", di mana ia menghasilkan $ 2 juta. Bertahun-tahun kemudian dia akan mendapatkan $ 20 juta untuk muncul di sekuelnya.

Gaji Terbesar

Dalam 20 tahun kariernya, antara 1993 dan 2013, Will memperoleh $200 juta dalam gaji dan bonus film. Pada tulisan ini, penghasilan filmnya dengan mudah mencapai $300 juta, mungkin jauh lebih banyak jika beberapa kesepakatan backend yang dilaporkannya akurat. Pembayaran terbesar Will yang dikonfirmasi datang pada tahun 2013 ketika ia memperoleh $20 juta dalam gaji dimuka dan $80 juta dalam poin backend dari Men In Black 3 berkat potongan 10% dari pendapatan kotornya.

Dia dilaporkan juga memiliki 20% dari pendapatan kotor Bad Boys 2, Hancock, dan Pursuit of Happyness. Meskipun mungkin saja dia benar-benar memiliki 20% dari laba bersih, sebagai lawan dari bruto yang akan menjadi angka yang sangat berbeda. Jika dia memang memiliki poin kotor, dia akan mendapatkan $ 355 juta dari empat film itu saja.

Pada tahun 2007 Will mendapatkan $25 juta untuk I am Legend.

Gaji di muka terbesarnya adalah $28 juta yang dia peroleh untuk I, Robot. Pada 2018 ia memperoleh $ 20 juta untuk membintangi Netflix's Bright. Netflix dilaporkan membayar Will $ 35 juta untuk mengulangi perannya di Bright 2.

Karir Musik

Smith tidak pernah meninggalkan musik, dan saat mengerjakan filmnya secara bersamaan, dia merilis empat album solo, dua di antaranya telah mendapatkan platinum. Smith memiliki banyak single hit, di antaranya "Men in Black," dan "Gettin' Jiggy Wit It," membuat Smith mendapatkan dua Grammy Awards berturut-turut untuk Best Rap Solo Performance.

Penghargaan

Smith dua kali dinominasikan untuk Academy Award, baik karena memerankan orang sungguhan, Muhammad Ali dalam "Ali" dan Chris Gardner dalam " The Pursuit of Happyness". Di antara penghargaannya, Smith memiliki dua BET Awards, satu Image Award, empat MTV Movie Awards, dan dua People's Choice Awards.

Kehidupan pribadi

Will memiliki dua anak dengan istrinya, Jada Pinkett , istrinya sejak 1997. Anak-anak mereka, Jaden Smith dan Willow Smith, keduanya di industri hiburan. Dia juga memiliki seorang putra bernama Trey dengan istri pertamanya, Sheree Ampino.

Aset

Will dan Jada memiliki sekitar 10 properti di Amerika Serikat. Berikut adalah rincian singkat dari properti mereka yang paling terkenal saat ini dan sebelumnya:

Pada tahun 1999 Will dan Jada menghabiskan $7,5 juta untuk memperoleh properti seluas 100 hektar yang menakjubkan di perbukitan antara Malibu dan Calabasas, California. Selama tahun berikutnya mereka membeli beberapa persil terdekat untuk menyatukan 150-hektar tanah yang bersebelahan.

Properti ini memiliki rumah utama seluas 20.000 kaki persegi, beberapa wisma, danau pribadi, arena berkuda, jalur berkuda, istal, lapangan tenis, dan banyak lagi. Mereka mendesain properti dengan gaya Santa Fe setelah jatuh cinta dengan rumah aktor Gene Hackman di Santa Fe.

Mereka benar-benar menyewa arsitek Santa Fe Hackman untuk proyek yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dimulai karena masalah lingkungan dan pembatasan izin. Pada tahun 2013 mereka diam-diam mendaftarkan properti seharga $ 42 juta tetapi tidak menemukan pembeli. Saat ini properti ini saja kemungkinan bernilai $50 – $70 juta.

Pada tahun 2017 Will dan Jada menjual kompleks tepi laut seluas 7 hektar di Kauai seharga $ 12 juta. Mereka membeli properti multi-rumah pada tahun 2015 seharga $ 10 juta. Pada tahun 2011 mereka menjual properti Hawaii tepi laut yang berbeda di 7-acre seharga $ 20 juta kepada Ekaterina Rybolovlev, putri miliarder oligarki Rusia Dmitry Rybolovlev.

Mereka juga memiliki rumah seluas 9.000 kaki persegi yang terletak di komunitas yang terjaga keamanannya Hidden Hills, California dan vila ski seluas 9.200 kaki persegi di Park City, Utah.

Pada bulan September 2021 Will dan Jada membayar sedikit lebih dari $11 juta untuk sebuah rumah seluas 10.400 kaki persegi di Hidden Hills, California. Secara total, keluarga Smith memiliki setidaknya $100 juta real estate di seluruh dunia yang kita ketahui.

Kesimpulannya

Will Smith memiliki kekayaan bersih $350 juta . Dia adalah salah satu aktor bayaran tertinggi dalam dua puluh tahun terakhir, setelah mendapatkan ratusan juta dolar dalam gajinya. Will dan istrinya Jada memiliki portofolio real estat yang mengesankan yang mencakup properti di seluruh negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya