Profil Zumi Zola Kini Bebas dari Penjara

Gubernur Jambi Zumi Zola
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Showbiz – Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola dikabarkan telah bebas bersyarat dari penjara pada Selasa, 6 September 2022 kemarin. Zumi Zola sendiri merupakan salah satu dari 23 narapidana dalam kasus tindak pidana korupsi

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Zumi Zola diberi hukuman penjara setelah terbukti menerima uang puluhan miliar dari gratifikasi saat menjabat gubernur pada tahun 2018 lalu hingga terjerat kasus korupsi. Hingga akhirnya mantan gubernur Jambi tersebut harus ditahan di Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. 

Sosok mantan aktor tersebut pun kini mulai banyak dicaritahu dan cukup membuat publik penasaran. Berikut ini profil dan perjalanan kariernya di dunia hiburan dan politik.  

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Yuk scroll ke bawah!

Profil Singkat Zumi Zola

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Zumi Zola

Photo :
  • Cinema 21

Pria yang lahir di Jakarta, 31 Maret 1980 merupakan keturunan Melayu-Jambi dan anak dari Zulkifli Nurdin yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi pada periode 1999-2004 dan 2005-2010.

Sang istri bernama Sherrin Tharia dan dari pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak yang bernama Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-thahirah Zola. 

Perjalanan Karier di Dunia Hiburan 

Zumi Zola

Photo :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

Karier Zumi di dunia hiburan Tanah Air diawalinya dengan menjadi pemain sinetron. Sebelum benar-benar terjun ke dunia seni peran, Zumi juga pernah mengikuti pemilihan Abang None mewakili Jakarta Selatan pada tahun 2001 silam. 

Barulah setelah itu, ia mulai fokus pada dunia akting dengan membintangi berbagai judul sinetron yang di antaranya adalah Culunnya Pacarku, Julia Jadi Anak Gedongan,  dan Ku t'lah Jatuh Cinta dengan beradu akting bersama Agnes Monica.

Tak hanya di dunia sinetron, Zumi juga melebarkan sayap kariernya ke dunia layar lebar dengan membintangi film Di sini Ada Setan, Kawin Laris dan Merah Putih. Film Merah Putih menjadi film terakhir yang dibintangi oleh Zumi sebelum akhirnya ia memutuskan untuk terjun ke dunia politik.

Perjalanan Karier di Dunia Politik

Zumi Zola

Photo :
  • www.tanjabtimkab.go.id

Di usianya yang ke-31 tahun, Zumi dan Ambo Tang terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016.

Kemudian karir di dunia politiknya dilanjutkan dengan mengikuti pemilihan gubernur Jambi. Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar pada Pilgub serentak tahun 2015 lalu.

Hingga akhirnya pasangan tersebut terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode 2016-2021. Zumi resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana, Jakarta pada 12 Februari 2016 lalu. 

Pendidikan

Zumi Zola.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

SMAI Al-Izhar Pondok Labu

S1 Jurusan Teknologi Pangan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor

Penyebab Dipenjara

Zumi Zola ditahan KPK.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Zumi dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Saat menjabat sebagai gubernur pada tahun 2018 lalu, Zumi terbukti menerima uang lebih dari Rp40 miliar. dari gratifikasi. Kemudian, menerima 177 ribu dolar Amerika Serikat dan 100 ribu dolar Singapura, serta satu unit Toyota Alphard dari kontraktor.

Sang mantan gubernur Jambi itu diketahui tidak pernah melaporkan semua gratifikasi yang diterima sampai 30 hari sejak diterima kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasil gratifikasi itu pun terbukti digunakan Zumi untuk membiayai keperluan pribadi dan keluarganya.

Hukuman tersebut diberikan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Selain itu, hak politik politikus PAN tersebut juga dicabut selama lima tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya