7 Artis Nikah Beda Agama, Ujung-ujungnya Cerai

Yuni Shara dan Mantan Suami
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Showbiz – Di industri hiburan Tanah Air, tak sedikit artis nikah beda agama. Awalnya mereka menganggap perbedaan keyakinan bukanlah suatu penghalang untuk membina rumah tangga. Pernikahan didasari atas rasa cinta dan saling memiki, menurut pandangan sebagian artis yang memutuskan nikah beda agama. Beberapa orang memilih untuk mengikuti keyakinan dari pasangan untuk bisa melangsungkan acara pernikahan. Namun yang lainnya tetap bertahan dengan keyakinan yang dianut namun tetap berada dalam satu atap dibalut pernikahan.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Pernikahan beda agama dijalankan selama beberapa tahun, bahkan ada juga yang hanya hitungan bulan. Ada juga yang telah dikaruniai anak dan hingga saat ini masih berkomunikasi meski sudah bercerai. Nah, berikut adalah deretan artis nikah beda agama yang berakhir dengan perceraian. Siapa saja ya?

1. Dewi Sandra dan Glenn Fredly

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Dewi Sandra

Photo :
  • Instagram @dewisandra

Dewi Sandra dan Glenn Fredly pernah menikah berbeda agam tahun 2006 silam. Kala itu, Dewi menganut agama Islam sementara Glenn memeluk agama Kristen. Pernikahan yang tertutup tersebut hanya bisa bertahan selama 3 tahun dan mereka memutuskan untuk bercerai pada 2009.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Pada 11 Desember 2011, Dewi menikah untuk ketiga kalinya. Ia menikah dengan Agus Rahman di Jakarta. Dewi Sandra memutuskan berhijab sejak Desember 2012. Pasca berhijab, imej Dewi pun perlahan berubah menjadi sosok wanita inspiratis dan lebih baik dari sebelumnya. Ia jadi lebih banyak tampil di acara-acara televisi bertema Islami.

2. Lydia Kandou dan Jamal Mirdad

Jamal Mirdad dan Lydia Kandou

Photo :
  • Instagram

Mungkin semua orang tentunya sudah pernah mendengar nama Lydia Kandou dan Jamal Mirdad. Pasangan ini sempat menjadi panutan oleh netizen karena tetap harmonis walaupun menjalin biduk rumah tangga dengan perbedaan keyakinan. Diketahui Lydia menganut agama Kristen yang kemudian menikah dengan Jamal yang beragama Islam tahun 1986 silam.

Tiga orang anak dari hasil pernikahan keduanya dibebaskan untuk memilih kepercayaan salah satu dari yang diyakini oleh Lydia dan Jamal. Mereka juga saling memberikan toleransi kepada keluarga, contohnya ketika merayakan Natal dan Idul Fitri. Tapi sayang, rumah tangga yang sudah dirancang selama 26 tahun tersebut harus berujung di meja perceraian tahun 2013. Walaupun demikian, keduanya tetap berhubungan baik dan saling bertemu dengan semua anak-anaknya.

3. Reza SMASH dan Febiola Elizabeth

Reza smash dan Febiola.

Photo :
  • Instagram/@Mrezanugrah

Salah seorang mantan personil SMASH, Reza pernah menikah beda agama dengan pasangannya yang bernama Febiola Elizabeth. Lagi-lagi, pernikahan keduanya harus berakhir dalam perceraian. Berkat pernikahan tersebut, mereka sudah dikaruniai seorang anak.

4. Yuni Shara dan Henry Siahaan

Yuni Shara bersama mantan suami dan anak-anaknya

Photo :
  • instagram

Alumni jurusan Keuangan dan Perbankan Universitas Borobudur Jakarta angkatan 1991 ini kemudian menikah dengan pengusaha Henry Siahaan, duda beranak 2, yang juga mantan suami artis dan penyanyi Nur Afni Octavia. Pernikahan mereka seakan mendapatkan cobaan sejak awal. Selain berselisih usia 15 tahun, mereka juga mempunyai keyakinan yang berbeda. Hal itu pula yang membuat pernikahan mereka tidak berpayung hukum selama 5 tahun. Keduanya menikah di bawah tangan sejak tahun 1997 dan baru pada tanggal 7 Agustus 2002, pernikahan mereka disahkan di Perth, Australia. Empat hari kemudian pasangan ini mendaftarkan pernikahannya di Indonesia.

Baru sekejap kebahagiaan bersama sang buah hati dikecap, pada bulan Februari 2007, Henry malah harus mendekam di penjara lantaran terkait dugaan korupsi atas pengadaan alat komunikasi dan jaringan komunikasi untuk Detasemen 88. Perbuatan tersebut diperkirakan merugikan negara Rp7 milyar. Pada tanggal 21 Mei 2008, Yuni memasukkan gugatan cerai terhadap Henry. Pada tanggal 17 Juni 2008, Yuni Shara resmi bercerai dari Henry Siahaan.

5. Tamara Bleszynski dan Mike Lewis

Tamara Bleszynski, Mike Lewis dan putra mereka

Photo :
  • instagram Tamara Bleszynski

Tanggal 2 Februari 2010, Tamara Bleszynski yang beragama Kristen resmi menikah dengan Mike Lewis di Bali. Pernikahan ini terkesan jauh dari publikasi karena memang hanya keluarga dan orang terdekat saja yang hadir dalam pernikahan tersebut. Namun kabar bahagia tersebut tercium juga oleh media dengan beredarnya foto-foto upacara pernikahan mereka. Awal Juni 2010 Mike Lewis mengumumkan bahwa Tamara tengah hamil dan menanti kelahiran anak pertama mereka; anak kedua untuk Tamara. Meski hamil, Tamara tetap disibukkan dengan syuting sinetron Ramadan Surga Untukmu yang menjadi kembalinya di dunia sinetron (khususnya sinetron Ramadan).

Tanggal 22 Desember 2010, Tamara melahirkan anak lelaki, Kenzou Leon Blezynski Lewis. Pada awal tahun 2012, Tamara Bleszynski mengajukan gugatan perceraian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan akhirnya dikabulkan dengan putusan pengadilan pada tanggal 28 Mei 2012. 

6. Kalina Oktarani dan Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier dan Kalina

Photo :
  • twitter@AlkidzCorb

Deddy Corbuzier saat masih memeluk agama Kristen mengakhiri masa lajangnya dengan Kalina Ocktarani atau lebih akrab disapa Kalina (Islam) pada 25 Februari 2005, dan telah dikaruniai seorang anak bernama Azkanio Nikola Corbuzier. Kehidupan pasangan ini bertahan selama kurang lebih 8 tahun. Pada 31 Januari 2013, pasangan tersebut bercerai di Pengadilan Negeri Jakarta Utara setelah proses perceraian selama enam bulan.

Pada hari Jumat 21 Juni 2019 pada pukul 13.00 WIB setelah pelaksanaan Sholat Jum'at di Masjid Al-Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji, Yogyakarta, Deddy Corbuzier secara resmi memeluk agama Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat yang dibimbing oleh Gus Miftah.

7. Ira Wibowo dan Katon Bagaskara

Ira Wibowo

Photo :

Ira Wibowo yang beragama Kristen menikah dengan Katon Bagaskara yang memeluk agama Islam pada tanggal 28 Oktober 1996. Pada 18 Desember 2012, Ira dan Katon resmi bercerai. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai 2 orang anak yang bernama Andhika Radya Bagaskara dan Mario Arya Bagaskara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya