Gemes, Jan Ethes dan Sedah Mirah Asik Main di Pelaminan Kaesang-Erina

Putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Jan Ethes.
Sumber :
  • VIVA/ Cahyo Edi.

VIVA Showbiz – Tasyakuran atau resepsi pernikahan ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah berlangsung usai serangkaian prosesi kirab pengantin di Solo. Gelaran resepsi sendiri digelar di Pura Mangkunegaran, Solo sebagai titik akhir dari kereta kencana yang membawa Kaesang-Erina dan rombongan keluarga dari Loji Gandrung, Solo.

Evaluasi Mudik Lebaran 2024, Jokowi Minta Sistem Bayar Tol Tanpa Tapping

Berbeda dengan pagi hari saat pengantin baru memakai Dodot Surakarta, kini di resepsi memakai pakaian adat Solo. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Menurut Pemerhati Budaya Jawa, Enti Harrianto pakaian kebaya hitam dengan corak bordir keemasan itu disebut sebagai Putri Solo.

Buka Musrenbangnas 2024, Jokowi Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Seirama dengan Pusat

"Kebaya, istilahnya solo putri. Warna hitam dengan bordir padat," tuturnya yang dikutip dalam program Breaking News tvOne, Minggu 11 Desember 2022.

Dari riasannya sendiri, tidak banyak berubah dari wajah manis Erina Gudono. Sama halnya dengan bagian riasan kepala dengan sanggul melati serta aksesori khas Jawa sejumlah 7 pentul. Rupanya, maknanya pun begitu mendalam.

Bikin Kaget, Jokowi Tiba-tiba Hampiri Wartawan dari Belakang

Presiden Joko Widodo bersama istrinya Iriana dan putra serta menantu dan cucu-cucunya berbicara kepada wartawan tentang esensi upacara ngunduh mantu Kaesang Pangarap dan Erina Gudono di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu, 11 Desember 2022.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

"Sunduk mentul, ini sepertinya jumlahnya 7. Simbol bidadari bahwa pengantin ini kecantikannya akumulasi 7 bidadari," tambahnya.

Ada pun ngunduh mantu ini bermakna dengan pengantin pria selaku pemangku hajatan dengan tamu yang didominasi dari pihak pria.

Maka dari itu, Erina Gudono juga diiringi oleh keluarganya di belakang seolah-olah tengah mengantarnya menuju ke kediaman keluarga pria.

Kaesang-Erina mengenakan busana adat Dodot Surakarta di Kirab Pengantin

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

"Yang mengantar juga keluarga wanita. Yang menyambut di dalam keluarga Jokowi. Pengantin laki-laki seperti membawa istri untuk pulang ke rumah," tuturnya.

Posisi di pelaminan sendiri pihak pria di sisi kanan dengan makna bahwa penerima tamu dari keluarga pria terlebih dahulu. Bicara pelaminan, keunikan nampak sebelum sesi ramah tamah dimulai. Adalah dua cucu Jokowi yang menggemaskan dengan tingkah cuek di atas pelaminan.

Jan Ethes dan Sedah Mirah terlihat bermain bersama di pelaminan dekat sofa yang ditempati Kaesang-Erina. Meski memakai beskap lengkap, Jan Ethes nampak tetap bergerak bebas bak anak-anak yang senang bermain.

Jan Ethes pun asik menggerakan tangan dan berjongkok. Sementara Sedah Mirah yang memakai kebaya, tetap mengikuti tingkah lucu sepupunya. Lucu sekali!

Putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Jan Ethes.

Photo :
  • VIVA/ Cahyo Edi.

Sebelumnya diberitakan, sederet rangkaian prosesi adat Kirab Pengantin telah dilaksanakan oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah saat Presiden Joko Widodo memberikan pesan dalam bahasa Jawa sebelum sesi sungkeman.

Pemerhati Budaya Jawa, Enti Harrianto, mengatakan rangkaian acara Kirab Pengantin dimulai dari gepyokan, sungkeman, hingga tumplak punjen.

Di sesi sungkeman itu, terlihat Presiden Jokowi memberikan pesan mendalam untuk melepas putra bungsunya agar mampu membina rumah tangga dengan istrinya, Erina Gudono.

"Pesan dari pak Jokowi, pertama menyampaikan ini bahwa mantu terakhir atau acara terakhir. Sebagai orangtua memiliki kewajiban mengantarkan anak-anak ke kehidupan rumah tangga. Pak Jokoei berpesan agar rukun, jadi keluarga rukun. Pesan ke Gibran bahwa sebagai kakak tertua (harus) pandai bawa diri memimpin adik," tutur Enti dalam program Breaking News tvOne, Minggu 11 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya