Robby Purba Klarifikasi Terkait Artis Inisial R Diduga Terlibat Korupsi Rafael Alun

Robby Purba
Sumber :
  • IG @robbypurba

VIVA Showbiz – Artis pria berinisial R kini menarik perhatian publik karena diduga terlibat kasus korupsi dan pencucian uang mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Temuan Awal KPK: TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba Capai Rp 100 Miliar

Beberapa nama artis pria berinisial R pun bermunculan dan menjadi misteri para netizen. Di tengah kehebohan itu, presenter Robby Purba justru buru-buru memberikan klarifikasi, ia bukanlah inisial R yang dimaksud terhubung dengan Rafael. Scroll lebih lanjut.

"Sumpah bukan aku," tulis Robby Purba di kolom komentar Instagram @lambe_turah, dikutip Jumat 31 Maret 2023.

Kejagung Periksa Staf Perusahaan Harvey Moeis soal Kasus Korupsi Timah

Robby Purba tidak ingin jadi sasaran kesalahpahaman netizen. Ia pun menjelaskan kondisi kehidupannya saat ini yang belum kaya raya. Pasalnya, salah satu ciri-ciri artis inisial R yang disebut oleh pihak Indonesia Audit Watch (IAW) adalah orang kaya baru.

Mantan Anak Buah Bongkar Kasus Korupsi, SYL Bilang "Saya Tidak Perlu Dibela"

"Aku masih miskin, belum jadi OKB," kata Robby Purba.

Sebelumnya, Iskandar Sitorus selaku perwakilan IAW mengungkap, pihaknya kembali menemukan koneksi Rafael dengan seorang artis pria berinisial R. Mereka diduga memiliki hubungan bisnis hingga triliunan rupiah.

Robby Purba

Photo :
  • Instagram @robbypurba

"Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja 170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," ujar Iskandar Sitorus.

Pihak IAW telah menyerahkan beberapa berkas sebagai barang bukti kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas bisnis yang dimiliki Rafael dan keterikatannya dengan inisial R tersebut. Tanpa mengungkap secara gamblang siapa sosok R sebenarnya, Iskandar hanya memberikan beberapa cirinya yang salah satunya merupaka orang kaya baru.

"Inisialnya orang kaya baru itu R," ujarnya.

Robby Purba

Photo :
  • Instagram @robbypurba

Menurut data yang dimiliki oleh pihak IAW, Rafael diduga memiliki koneksi dalam bisnis bahan bangunan dan properti yang bernilai sangat mahal itu. Bisnis tersebut tampaknya dijalani oleh Rafael bersama dengan inisial R hingga mencapai kesuksesan yang cukup besar.

"Lalu Rafael juga terkoneksi dengan bisnis besar lainnya. Bisnis bahan bangunan, membangun, dan hal-hal yang terkait dengan properti," kata Iskandar.

"R tersebut laki-laki, di data kami disebut orang kaya baru, di Jakarta tinggalnya, dan sangat dikenal," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya