Cerita Rian D'Masiv Sukses Jadi Komisaris Sektor UMKM

Rian DMasiv.
Sumber :
  • VIVA/Rendy Frebrianto

VIVA Showbiz – Rian Ekky Pradipta atau yang ngetop dikenal dengan Rian D'Masiv rupanya kini punya kesibukan lain di luar habitatnya sebagai seorang musisi. Vokalis band jebolan ajang A Mild Live Wanted 2007 tersebut diketahui telah menjadi petinggi dalam sebuah korporasi berbasis bisinis sektor ekonomi mikro.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Ya, pria yang juga penggemar berat klub Manchester United itu ternyata telah mengemban jabatan sebagai komisaris dari aplikasi digital yang secara khusus memberikan perhatian kepada kebutuhan bisnis pelaku UMKM Indonesia yang bernama Smeshub.

Rian D'Masiv diketahui membangun usahanya ini bersama dengan Lutpi Ginanjar pada tahun 2020 lalu.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dijelaskan Rian, dirinya tertarik untuk bergabung dengan Lutpi membangun Smeshub ini lantaran dirinya merasakan adanya saling keterkaitan antara UMKM dengan musik.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

"Waktu itu tertarik karena sebenarnya UMKM itu enggak lepas dari musik. Kita manggung kemana-mana ngerasain kuliner dari UMKM dari setiap daerah,” ungkap Rian kepada VIVA.co.id saat ditemui dalam acara pembukaan Smeshub Island Ramadhan Festival di Kuningan City Jakarta Selatan, Selasa 4 April 2023.

“Musik itu juga sebenarnya bisa dibilang dari UMKM juga, kita (D'Masiv) band dari Ciledug band dari sebuah gang kecil di Ciledug kita punya karya yang menasional dan akhirnya kita manggung keliling dunia," lanjut Rian.

Tak hanya itu saja, dirinya mau menerima pinangan Lutpi untuk menjadi komisaris lantaran adanya kesamaan visi dan misi antara grup band yang digawanginya dengan Lutpi yakni untuk memajukan UMKM Indonesia.

"Kayaknya seru kalau aku bersinergi dan memang waktu itu karena lagi gak ada kegiatan juga banyak bertemu banyak orang termasuk kang Lutpi yang punya visi misi luar biasa untuk memajukan UMKM," ujar Rian.

Rian menambahkan,"Dan sebenarnya mimpi D'Masiv sama seperti yang dia impikan karena kang Lutpi ingin produk UMKM bisa go global kita juga ingin punya karya yang didengar tidak hanya orang Indonesia tapi ke seluruh dunia," tambahnya.

Tak sampai di situ, dirinya juga melihat adanya potensi lain dari dirinya selain bermusik.

"Tidak pernah mikirin ternyata ada kayak potensi yang aku miliki yang bisa digali lagi selain musik. Ternyata itu saling berhubungan musik, UMKM, contoh konser membantu UMKM juga banyak konser pedagang kaki lima jadi dapat impact, aku juga sering banget manggung dimana nyobain makanan kaki lima," jelas dia.

Di sisi lain, untuk menjadi seorang komisaris dirinya mengaku banyak belajar di tahun 2020 lalu saat pertama kali usaha ini didirikan.

"Di sini aku belajar gimana untuk membranding sebuah produk. Dan kebetulan pas pandemi aku belajar bagaimana membranding di sosial media, misalnya bikin konten di media sosial, bikin caption di media sosial gimana caranya yang menarik engagement itu semuanya terbentuk saat pandemi aku belajarnya di pandemi," jelas Rian.

Ketika ditanya kesulitannya ketika harus beradaptasi dari seorang penyanyi menjadi seorang komisaris. Rian mengaku bahwa dirinya banyak dibantu oleh Lutpi yang merupakan founder dan juga CEO dari Smeshub ini.

"Sebenarnya yang berat jadi CEO-nya karena dia harus turun langsung kalau aku, Kang Lutpi tidak memaksa aku harus ada terus tetapi ketika ada event seperti ini bisa hadir, aku prioritas pas kosong, kalau tidak ada kegiatan D'Masiv aku sempatkan untuk bisa hadir," jelas Rian.

Sebagai informasi, mulai dari 3 April hingga 16 April 2023 pihaknya menggelar Smeshub Island Ramadhan Festival yang menghadirkan berbagai pop up booth mulai dari F&B, kecantikan, talkshow, aksesoris, hingga music performance di lantai 3 Kuningan City Mall.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya