Lagu Kolaborasi BTS dan Produser AKB48 Batal Rilis, Ada Apa?

Video klip BTS DNA
Sumber :
  • YouTube/ibighit

VIVA – Bangtan Boys alias BTS akan segera merilis album baru berbahasa Jepang pada November 2018. Salah satu lagu terbaru dalam album tersebut berjudul Bird merupakan hasil kolaborasi dengan produser musik AKB48 bernama Yasushi Akimoto.

So Sweet, Jin BTS Diberi Kejutan Manis oleh ARMY Jelang Ulang Tahun

Lagu kolaborasi BTS dengan Yasushi ternyata menimbulkan kontroversi di Jepang lantaran pandangan politik Yasushi. Bahkan masyarakat menilai jika lirik lagu Bird ciptaan pendiri AKB48 tersebut mengandung makna misoginis atau rasa benci terhadap wanita.

Menanggapi kontroversi tersebut, BigHit Entertainment selaku agensi BTS akhirnya memutuskan untuk mendepak lagu tersebut dari daftar album baru. 

Keseruan Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di Amerika

“Daftar lagu album baru yang akan rilis November 2018 mengalami perubahan sebagai berikut karena masalah produksi. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut,” kata perwakilan agensi seperti dilansir dari Soompi pada 21 September 2018.

Album baru BTS tersebut merupakan album Fake Love dan Airplane Pt. 2 berbahasa Jepang. Versi remix lagu Idol dan Fake Love berbahasa Jepang ditambahkan sebagai pengganti lagu Bird kolaborasi dengan Yasushi Akimoto.

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artists Awards 2021, BTS Menang Daesang
BTS menjadi duta kampanye UNICEF sejak tahun 2017. Sumber: Website resmi UNICEF

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

Budaya fandom K-pop berdampak positif pada aktivisme sosial dan politik. Mereka juga memiliki pengaruh kuat pada perubahan sosial.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023