Ulang Tahun ke-60, Iwan Fals Rilis Album Baru

Iwan Fals
Sumber :
  • Musica Studios

VIVA – Tanggal 3 September jadi angka yang spesial bagi musisi senior, Iwan Fals. Tepat 60 tahun yang lalu, pria bernama Virgiawan Listanto tersebut dilahirkan. Untuk menandai usia yang ke-60, Iwan Fals merilis lagu dan album baru.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Iwan Fals merilis lagu Selamat, salah satu lagu dalam album ke-42 yang bertajuk Pun Aku. Album ini diproduksi oleh Musica Studio’s dan diproduseri oleh Rambu Cikal dan Lafa Pratomo.

"Untuk pertama kalinya dalam karier panjang yang dijalani Iwan Fals, ia merilis sebuah album tepat di hari ulang tahunnya. Pada 2021 ini, ia genap menyentuh usia 60 tahun," ungkap keterangan tertulis dari Musica Studio's.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Total sudah ada 3 lagu yang dirilis. Ada lagu 16/01 yang ditulis bersama dan juga menampilkan Sandrayati Fay. Kemudian Merah Putih yang diluncurkan sebagai kado personal dari Iwan Fals untuk Kemerdekaan Indonesia ke-76 beberapa minggu yang lalu.  

Pun Aku diisi oleh dua belas lagu dengan total waktu putar 55 menit. Di dalamnya, ada sejumlah komposisi kolaborasi yang menampilkan Iwan Fals dengan sejumlah musisi lintas generasi yang memberi warna baru pada karir musiknya.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Dalam perjalanan kariernya, kolaborasi bukan hal baru bagi Iwan Fals. Namun, album Pun Aku menampilkan sisi yang berbeda. Hampir semua kolaborator perempuan dan masing-masing ditantang untuk menemukan bagian baru yang seringkali berbeda dari kebiasaan dan menjadi titik temu kerja artistik.

Pun Aku menampilkan nama-nama seperti Danilla, Nadin Amizah, NonaRia, Sandrayati Fay dan Rara Sekar. Selain itu, secara khusus ada penampilan dari Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Difki Khalif, Rheno Poetiray dan Stevan Pasaribu. Mereka menjadi penyanyi latar di lagu Kabar Aroma Tanah.

Keseluruhan album ini, bisa didengarkan di berbagai macam platform streaming seperti Apple Music, Spotify, Resso Music, Joox, Deezer, Tiktok dan beberapa lainnya. Sementara, saat ini Musica Studio’s sedang menggodok rencana untuk merilis album ini dalam bentuk fisik, persis seperti kebiasaan yang telah dilakukan oleh Iwan Fals bertahun-tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya