Ada BTS? Ini 5 Lagu Kpop yang Dicekal TV Korea

BTS dan Anderson Paak
Sumber :
  • soompi.com

VIVA Showbiz – Lagu Kpop tidak melulu sukses hingga memenangkan berbagai penghargaan acara musik. Ada juga lho yang menuai kontroversi hingga dilarang tayang di jaringan televisi Korea Selatan.

Viral! Penampakan Buaya di Kecamatan Medan Labuhan, Ini Kata Camat

Walaupun secara global Musik tersebut menoreh prestasi membanggakan, nyatanya stasiun televisi nasional Korea tetap menyeleksi beberapa Musik yang bisa ditayangkan.

Ada berbagai alasan lagu Kpop tidak ditampilkan dan layak untuk ditayangkan. Biasanya karena ada beberapa isi konten yang kurang pantas seperti gerakan tari yang provokatif atau lirik yang eksplisit menjadi alasan umum lagu KPop dilarang tayang di beberapa stasiun televisi Korea.

The Titans Pecat Sang Vokalis, Rezcky Purba

Nah, kali ini Viva memberikan deretan lagu Kpop yang dicekal dan tak dapat tayang di TV Korea yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Kill This Love, BLACKPINK

Aksi Pengendara Motor Wanita Gagal Menanjak hingga Jatuh Terguling

Saluran televisi KBS pada 25 April 2019 menyatakan tidak menayangkan video musik Kill This Love BLACKPINK. Berdasarkan hasil evaluasi internal, video musik yang dilupakan melanggar Undang-Undang Lalu Lintas. Namun, mereka tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Penggemar menduga hal tersebut dikarenakan Rosé terlihat mengendarai mobil tanpa mengenakan sabuk pengaman dalam video musik itu. TVReport , sebuah video musik itu bisa diedit terlebih dahulu dan direncanakan ulang apabila ingin ditayangkan di televisi.

2. PSY, Gentleman

Penyanyi PSY banyak menelurkan karya terima kasih yang difavoritkan penggemar. Salah satunya lagu Gangnam Style yang langsung melejit. Namun, PSY juga pernah mendapatkan kecaman hingga lagunya tak ditayangkan oleh KBS.

Lagu tersebut yaitu Gentleman yang memiliki video musik kolaborator. Tidak hanya merusakan properti umum, tapi beberapa orang menyebut jika video Gentleman mengandung unsur pornografi.

3. Cherry Bomb, NCT 127

2017 lalu, video musik salah satu milik NCT 127 berjudul Cherry Bomb sempat dilarang tayang di KBS. Lagu yang diciptakan Taeyong dan Mark ini dianggap memiliki nilai kekerasan pada liriknya yang bisa berpengaruh buruk bagi kalangan remaja.

Hal ini membuat NCT 127 harus rela tidak melakukan promosi lagu Cherry Bomb di KBS.

4. Lotto, EXO

Kejadian yang dirasakan WINNER telah menimpa EXO terlebih dahulu. Lagu Lotto yang dirilis pada 2016 juga dilarang tayang oleh KBS. Kata Lotto dinilai merepresentasikan satu merek tertentu serta singkatan dari lotre.

Sehingga, SM Entertainment mengganti kata lotto menjadi louder ketika EXO melakukan promosi atau tampil di saluran televisi KBS dan MBC.

5. Dope, BTS

KBS juga sempat melarang pemutaran video musik Dope milik BTS. Karena dalam video musik ini terdapat lirik yang dianggap terlalu vulgar, sehingga ditakutkan memberi dampak buruk bagi penonton. Selain itu, lirik rap yang dinyanyikan J-Hope juga dinilai terlalu kasar.

Nah, itu deretan lagu Kpop yang sempat dicekal beberap stasiun Tv korea dengan berbagai alasan yang dapat Viva berikan. Mau tahu lebih banyak soal gosip-gosip artis Korea lainnya, yuk klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya