Viva.co.id: Berita Hari Ini Terbaru Terkini dan Terpopuler

img_title

Dr. Imam B. Prasodjo

akademisi
15 Februari 1960
s/d
Sekarang
img_title img_title
Sosiolog ini selalu dimintai pemikirannya karena keahlian dan integritasnya. Imam B. Prasodjo adalah sosok independen yang sering dijadikan sebagai nara sumber berbagai pihak.

Pria kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 15 Febuari 1960 ini menempuh pendidikan hingga jenjang doktor. Imam mulai menyelesaikan sarjananya usia 26 tahun dari Falkultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI). Lalu magisternya di Kansas State Univeristy, Manhattan, Amerika Serikat (AS), dan lulus tahun 1990. Sementara gelar doktor dari Brown University, Rhode Island, AS..

Ayah dua anak ini namanya sudah banyak dikenal dalam berbagai kegiatan dan gerakan sosial kemasyarakatan di Indonesia. Ia merupakan penggagas sekaligus penggerak Yayasan Nurani Dunia, sebuah lembaga sosial dan pendidikan yang bertujuan membantu kalangan kurang mampu.

Perhatian dan dedikasi Imam Prasodjo tidak hanya dicurahkan pada satu yayasan saja, namanya juga tercatat aktif dalam banyak lembaga sosial dan kemasyarakatan sejenis.

Dalam kariernya, Imam Prasodjo dikenal memiliki pengalaman menjadi anggota komisi pemilihan umum periode 1999-2004, dan Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2011 lalu.

Selama kariernya, ia bekerja sebagai dosen tetap di Falkultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia. Namanya selalu muncul saat terjadi peristiwa-peristiwa krusial.

Kehadiran Imam Prasodjo untuk menyelesaikan persoalan dianggap mampu dan independen. Terakhir, pada awal 2015, dia ditunjuk Presiden Jokowi menjadi salah satu anggota tim independen untuk mengatasi polemik Mabes Polri dengan KPK.


KELUARGA
Istri      : Gitayana Budiardjo
Anak    : Rauf Prasodjo
              Adila Prasodjo

PENDIDIKAN
S-1 FISIP Universitas Indonesia (1986)
MA, Kansas State University, Manhattan AS (1990)
PhD, Brown University, Rhode Island, AS (1997)

KARIER
Dosen tetap Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia
Ketua dari Yayasan Nurani Dunia, berkecimpung dalam bidang sosial dan pendidikan.
Anggota Komisi Pemilihan Umum (1999 - 2004)
Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2011
Anggota Tim Independen Bentukan Presiden RI (2015)

Share :