Beranda Login
img_title

Aqsa Sutan Aswar

atlet
31 Mei 1997
s/d
Sekarang
img_title img_title
Menyukai jetski sejak kecil dan berlatih keras, Aqsa Sutan Aswar berhasil mendapatkan medali emas di Asian Games 2018.

Atlet kelahiran 31 Mei 1997 ini adalah putra dari Saiful Sutan Aswar dan cucu dari Sutan Aswar, salah satu perintis Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI). Aqsa mempunyai kakak bernama Aero Sutan Aswar yang juga berkecimpung di dunia jetski.
 
Sejak umur 4 tahun, Aqsa dan kakaknya sudah dilatih oleh sang ayah untuk mencintai laut. Bagi Aqsa, laut adalah rumah. Sang ayah juga yang melatih kakak beradik itu bermain jetski. Berawal dari hobi, lama-kelamaan Aqsa semakin mencintai jetski.
 
Aqsa sudah mengikuti pertandingan berskala internasional sejak berusia 14 tahun. Saat mengikuti Canadian Watercross Nationals di Kanada, Aqsa menjadi juara pertama dalam kategori Pro Runabout Limited dan Expert Runabout Limited. Kariernya pun kian menanjak.
 
Puncaknya, pada perhelatan bergengsi Asian Games 2018, Aqsa memperoleh Perunggu sedangkan kakaknya meraih perak dalam kategori Runabout Limited. Tidak berhenti sampai di sana, Aqsa berhasil membawa pulang medali emas ke-12 untuk Indonesia saat bertarung di nomor Endurance Runabout Open.

Atlet yang berkuliah di Amerika Serikat ini berhasil menumbangkan pejetski asal Uni Emirate Arab dan Thailand dengan perolehan 1.148 poin setelah melalui 3 babak yang sengit.

Tak heran ia bisa memenangkannya, karena sebelum mengikuti ajang 4 tahun sekali itu, Aqsa dan kakaknya memang sudah sering mengikuti kompetisi jetski di Negeri Paman Sam baik level regional maupun internasional.(AC/DN)  (Photo/Antara)
 

KELUARGA
Orangtua            : Saiful Sutan Aswar
Saudara              : Aaro Sutan Aswar (kakak)
 

Berita Terkait
Aqsa Sutan Anwar, Atlet Jetski Andalan yang Juga Cucu Perintis AURI

Aqsa Sutan Anwar, Atlet Jetski Andalan yang Juga Cucu Perintis AURI

Gelanggang

26 Agustus 2018
Share :