Aqsa Sutan Anwar, Atlet Jetski Andalan yang Juga Cucu Perintis AURI

Aqsa Sutan Anwar, atlet jetski Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/Bram Selo Agung

VIVA – Nama Aqsa Sutan Anwar menjadi pembicaraan publik. Sebab, pada Minggu 26 Agustus 2018, dia berhasil menyabet medali emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Turun berlomba di Ancol, Jakarta Utara, Aqsa memenangi nomor endurance runabout open. Total poin yang diraih atlet jetski berusia 20 tahun tersebut mencapai 1.148.

Siapa sangka, Aqsa yang juga merupakan adik kandung dari Aero Sutan Anwar adalah cucu dari tokoh militer Indonesia. Sang kakek, Sutan Anwar adalah perintis Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebelum Asian Games 2018 dimulai, Aqsa bersama Aero memang diharap bisa memberi sumbangan medali emas untuk Indonesia. Berbagai uji coba sampai ke luar negeri pun mereka lakukan.

Mereka sempat dikirim ke Amerika Serikat untuk mengikuti training camp oleh Pengurus Pusat Indonesia Jetsport and Boating Association (PP IJBA). Tujuannya agar kemampuannya meningkat.

Aquabike Jetski World Championship Resmi Berakhir, Bea Cukai Berikan Layanan Ekspor Kembali

Sebenarnya, mereka juga berpeluang besar menyabet medali emas saat turun di nomor runabout limited moto 4, kemarin. Namun sayang, jetski yang dikendarainya mengalami masalah.

Saat sedang memimpin di depan, tiba-tiba jetski Aqsa mogok. Sebab, selang yang menyambungkan supercharger ke mesin patah, dan serpihannya masuk ke dalam mesin.

"Dua lap terakhir mesin bermasalah. Memang nasib saja sedang tidak bagus. Ini bukan salah siapa-siapa," kata Aqsa mengomentari kegagalannya.

Aqsa boleh mengalami kekecewaan kemarin, sama seperti halnya pendukung dia. Namun, kini dia sudah tersenyum, karena membantu Indonesia mendekati capaian target di Asian Games 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya