Bantu Tangani Pandemi, Pemerintah Apresiasi Peran Pemuda

Peringatan Hari Sumpah Pemuda
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, pemerintah mengapresiasi seluruh pemuda Indonesia atas kontribusinya dalam penanganan COVID -19 di tanah air.

Vaksinasi untuk Anak 6 Tahun-11 Tahun Dinilai Aman dan Bermanfaat

Peran pemuda dinilai sangat signifikan dalam penanganan pandemi serta upaya mendorong digitalisasi dalam banyak sektor kehidupan masyarakat.

“Dalam pengendalian pandemi, pemerintah banyak dibantu oleh generasi muda Indonesia,” tegas Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate (28/10).

Hindari Lonjakan Kasus, Pemerintah Atur Mobilitas di Adendum SE No.24

Para pemuda berkontribusi besar di lapangan sebagai relawan COVID-19, juga tenaga kesehatan muda yang tak kenal lelah berjuang menangani pasien. Selain itu, para generasi muda berkontribusi juga dalam melahirkan inovasi dan ide-ide segar, sebagai bentuk adaptasi yang bermanfaat untuk pulih dari pandemi.

Termasuk di dalamnya, upaya literasi digital yang sangat diperlukan masyarakat selama pembatasan kegiatan, agar dapat tetap produktif. Begitu pula perkembangan dunia usaha, dapat terus bergulir berkat pemanfaatan teknologi yang banyak didorong oleh peran para generasi muda.

Kominfo Luncurkan Web Series Cerita Dalam Jeda

Kemudian para duta kebiasaan baru, para influencer muda yang sangat membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi bermanfaat bagi masyarakat.

“Anak-anak muda yang sangat fasih dengan teknologi informasi ini berperan besar dalam hal distribusi informasi dan menekan penyebaran hoaks yang merugikan masyarakat,” kata Menteri Johnny.

Hari Sumpah Pemuda ke-93 diperingati dengan tema ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’ untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Menkominfo menekankan, bahwa tema Hari Sumpah Pemuda tahun ini, sangat sesuai dengan prinsip pengendalian pandemi. “Dengan menguatkan sinergi serta kolaborasi, kita dapat bangkit bersama kemudian tumbuh menjadi lebih baik, lebih kuat,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita -cita bangsa.

Tema ‘Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh’ ini secara umum diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, dan khususnya bagi para generasi muda. Di tangan mereka, kata Menkominfo, kita dapat berharap Indonesia bisa bangkit dan memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Momentum Hari Sumpah Pemuda harus mampu jadi penguat semangat persatuan kita untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh, salah satunya melalui kewirausahaan pemuda,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya