Penanaman Pohon Wujud P20 Gaungkan Bumi Lebih Hijau

Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengungkapkan DPR RI bersama segenap pimpinan delegasi 'The 8th Parliamentary Speakers’ Summit (P20)' Indonesia 2022 melakukan penanaman pohon bertempat di Taman Energi DPR RI. Putu mengungkapkan, gerakan penanaman pohon tersebut bertujuan sebagai gerakan untuk mendorong, membangkitkan dan menggaungkan semua pihak sebagai gerakan bumi lebih baik, bersih dan hijau.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

“Pimpinan delegasi P20 didampingi segenap Fraksi, BKSAP diketuai Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menanam pohon di DPR RI. Gerakan ini kita dorong untuk membangkitkan semua pihak dan kita gaungkan agar bumi kita lebih baik, lebih bersih dan lebih hijau sekaligus sebagai sebuah implementasi dari ungkapan bijak, the best time to plant a tree is 20 years ago but the second best time is right now,” ujar Putu usai menghadiri 'Tree Planting to Commemorate P20 Indonesia 2022' di Taman Energi Surya DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Politisi Fraksi Partai Demokrat tersebut mengungkapkan DPR RI selaku tuan rumah P20 ingin menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa ramah yang betul-betul ingin mencarikan solusi yang baik terhadap tantangan global serta sebagai bentuk komitmen DPR RI bersama seluruh delegasi negara-negara P20 terhadap mitigasi dan penyelesaian climate change. P20 disebut Putu sebagai momentum terbaik dalam menyosialisasikan untuk mengalihkan transisi energi dari energi fosil menuju energi berkelanjutan.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Tak hanya itu, Putu menyatakan DPR RI bersama segenap delegasi P20 terus berkomitmen dalam net zero energy menuju energi bersih. Putu menuturkan DPR RI telah melakukan transisi penggunaan energi dari energi fosil menjadi tenaga surya dibuktikan melalui adanya pembangunan panel surya di Taman Energi yang dapat memenuhi 25 persen kebutuhan listrik di Gedung DPR RI.

Putu juga menyampaikan, DPR RI bersama segenap delegasi P20 ingin mengawal ketahanan pangan, ketahanan energi dan menginginkan agar tantangan global segera selesai. Sehingga, tandas Legislator dapil Bali ini, diharapkan momentum gerakan penanaman pohon tersebut bisa menjadi budaya keseharian bagi seluruh masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

“Gerakan penanaman pohon ini harus juga menjadi budaya di desa-desa dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga.. Dari DPR RI, kita harapkan kita inspirasi untuk semua masyarakat menanam pohon di seluruh tanah air bahkan di seluruh dunia. Dengan momentum P20, mari kita lakukan gerakan ini dari sekarang kedepannya agar menjadi budaya yang baik dalam gerakan menanam pohon bersama,” ajak Putu.

Pada kesempatan itu, sekaligus sebagai momen untuk mengingatkan kembali agar dukungan terhadap pembiayaan iklim dari negara-negara maju bagi negara berkembang sebesar US$ 100 miliar melalui Green Climate Fund (GCF) harus segera dipenuhi. “Tentu, kita berharap agar realisasi dukungan dari GCF sebesar USD100 miliar dapat segera diwujudkan agar negara-negara berkembang khususnya yang mengalami kesulitan dalam penghijauan bisa disokong dalam upaya mitigasi dari perubahan iklim menuju net zero emission,” pungkas Putu.

Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024