6 Spot Menarik di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk Dijelajahi

Situ Gunung, destinasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Sumber :
  • DH Saragih

VIVA – Jalan-jalan ke tempat wisata di Puncak Bogor bisa menjadi pilihan seru. Jika Anda merasa bosan berkunjung ke destinasi wisata yang itu-itu saja, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) layak Anda pilih. Destinasi ini semakin menarik perhatian wisatawan semenjak munculnya salah satu foto viral di media sosial yang menyajikan pemandangan 'gagah' gunung tersebut di pagi hari dari Kemayoran, Jakarta Pusat.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

TNGGP memang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk mendaki. Namun, tahukah Anda? Ada begitu banyak spot wisata menarik yang bisa dijelajahi di kawasan ini. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda menginap di sekitar kawasan Puncak Bogor agar momen liburan berlangsung lebih nyaman. Ada banyak hotel terbaik di puncak yang bisa dipilih sebagai tempat menginap.

Penasaran ada spot wisata apa saja di kawasan TNGGP? Berikut Pegipegi rangkum untuk penjelajahan Anda!

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Situ Gunung
Banyak yang tidak percaya bahwa Situ Gunung merupakan danau buatan. Danau ini dibuat oleh salah seorang bangsawan Mataram bernama Rangga Jagad Syahadana, atau yang dikenal dengan nama Mbah Jalun. Ia juga merupakan seorang pejuang yang melawan penjajahan Belanda pada era 1800-an. Mbah Jalun menjadi salah satu buronan pihak Belanda sehingga ia melarikan diri dari Kerajaan Mataram, dan bersembunyi di beberapa wilayah di Jawa Tengah hingga akhirnya menetap di Kesultanan Banten.

Selain menyimpan kekayaan flora dan fauna, Situ Gunung juga menawarkan keindahan yang luar biasa. Saat Anda menginjakkan kaki di kawasan ini, udara yang bersih dan sejuk begitu terasa. Nuansa asri yang kental bisa membuat Anda betah berlama-lama di sini. Anda juga akan mendengar kicauan burung yang saling bersahutan satu sama lainnya. Disarankan untuk datang sekitar pukul 05.30 hingga 06.30 pagi, lantaran suasana eksotik danau ini lebih terlihat di pagi hari.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Curug Sawer 
TNGGP memiliki sekitar 19 destinasi curug yang bisa dikunjungi. Salah satunya, Curug Sawer. Begitu tiba, tebing batu menjulang tinggi dan –yang salah satunya– dialiri air Sungai Cigunung akan menyambut Anda. Selama di Curug Sawer, Anda bisa rehat sejenak sambil menikmati pemandangan alam dan sejuknya udara di sekitar.

Jembatan Gantung Situ Gunung
Tak jauh dari Curug Sawer, Anda bisa berfoto di salah satu jembatan yang pernah viral bernama Situ Gunung Suspension Bridge. Dengan panjang 243 meter, jembatan ini disebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Anda bisa seru-seruan berjalan di jembatan ini untuk uji adrenalin. Tak perlu khawatir, para petugas di sana akan memastikan keamanan Anda dan para wisatawan lainnya dengan memasang sabuk pengaman sebagai salah satu standar utama keselamatan.

Curug Cibeureum Sukabumi
Curug Cibeureum terletak di kawasan Resort Selabintana, Kabupaten Sukabumi yang masih masuk dalam kawasan TNGGP. Anda harus menelusuri jalan setapak, lalu melintasi hutan hujan tropis pegunungan dataran tinggi sepanjang 3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Meski jaraknya memang terkesan melelahkan, perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan menarik, seperti melihat berbagai jenis burung yang terbang ke sana kemari.

Pasir Sumbul
Spot wisata di kawasan TNGGP satu ini terletak di Kabupaten Cianjur. Anda bisa uji adrenalin dengan mencoba wahana paralayang di Pasir Sumbul sembari melihat indahnya pemandangan bentang alam TNGGP dari ketinggian.

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB)
Sebagai taman nasional, TNGGP menyimpan beraneka ragam hayati yang dilindungi. Sejumlah flora dan fauna di kawasan ini terbilang langka dan hanya ditemukan di sana. Ada sekitar 870 jenis tumbuhan berbunga dan 150 jenis paku-pakuan yang dilindungi. Sementara, flora endemik di kawasan tersebut seperti  uwi, jernang, pinang hijau, kapulaga, dan lainnya. Fauna endemik di TNGGP juga beragam, mulai dari owa jawa, lutung surili, anjing ajag, macan tutul, biul slengket, hingga bajing terbang.

Oleh karena itu, selain menikmati keindahan dan kemegahan alam TNGGP, Anda bisa berkunjung ke PPKAB untuk menambah wawasan seputar keanekaragaman hayati. Di sana, Anda bisa menjumpai berbagai hasil tangkapan kamera yang memotret tingkah laku para satwa. Pihak pengelola menawarkan paket pendidikan dan wisata alam yang menarik, seperti Menyingkap Rahasia Hutan Hujan Tropis Pegunungan dan Menelusuri Asal-usul Air Minum Kita. Tidak ketinggalan aktivitas seru seperti trekking, berkemah, outbound, hingga mengikuti polisi kehutanan berpatroli –apabila situasinya memungkinkan–.

Itulah enam spot wisata menarik di TNGGP rekomendasi Pegipegi. Bagi Anda yang tinggal di luar kawasan Puncak Bogor dan tertarik #PegipegiLagi ke berbagai tempat wisata favorit di sana, segera persiapkan itinerary perjalanan Anda, ya!

Biar perjalanan lebih hemat, manfaatkan promo Pegipegi hotel untuk pesan penginapan nyaman versi Anda! Dapatkan juga promo Pegipegi lainnya untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta, serta tiket bus dan travel yang ditawarkan setiap harinya! Jangan lupa, terus menerapkan protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan keselamatan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya