Pacu Kemajuan Industri CPO, Bea Cukai Berikan Izin Pusat Logistik Berikat

Bea Cukai berikan izin pusat logistik berikat
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Industri crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit menjadi industri strategis, karena berhubungan dengan sektor pertanian (agro?based industry) yang banyak berkembang di negara?negara tropis, seperti Indonesia. Cerahnya prospek komoditas CPO dalam perdagangan minyak nabati dunia telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacu kemajuan industri CPO. Salah satu dukungan pemerintah, terwujud melalui pemberian fasilitas kepabeanan Pusat Logistik Berikat (PLB) oleh Bea Cukai kepada pelaku industri ini.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

"Prospek perkembangan industri CPO di dalam negeri begitu pesat dan berdampak positif bagi perekenomian Indonesia, baik dari segi kontribusinya terhadap pendapatan negara, maupun besarnya tenaga kerja yang terserap. Bisa dibilang, industri minyak kelapa sawit ini dapat diharapkan menjadi motor pertumbuhan ekonomi nasional. Mendukung hal tersebut, pada tanggal 8 Desember 2022 lalu kami telah memberikan fasilitas PLB untuk PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara," ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Rusman Hadi, pada Rabu (28/12).

Ia menjelaskan fasilitas PLB diberikan hanya dalam satu jam setelah pemaparan profil bisnis perusahaan dilakukan kepada direktur sekaligus penanggung jawab perusahaan. Fasilitas tersebut ditujukan untuk mempermudah dan mempercepat akses bahan baku dan bahan penolong dari luar negeri untuk industri, menurunkan biaya logistik, serta meningkatkan produksi dan daya saing industri. 

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

"Perusahaan yang mendapatkan izin PLB akan mendapatkan sejumlah fasilitas, seperti penangguhan bea masuk, penangguhan pajak, penangguhan izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel, jangka waktu timbun barang yang fleksibel (tiga tahun atau lebih), serta asal dan tujuan barang yang fleksibel (impor, lokal, dan ekspor). Diharapkan melalui pemberian fasilitas ini dapat memberikan dukungan industri dalam negeri serta peningkatan daya logistik nasional," ujarnya.

Disebutkan Rusman, PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai lini, seperti perdagangan CPO dan turunannya, aneka tanaman, bursa komoditas, serta jasa logistik dan tangki timbun. Dimulai sejak tahun 1968, perusahaan ini yang semula merupakan Kantor Pemasaran bersama PPN Group kemudian menjadi PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara-INACOM pada tahun 2019. 

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

"Kami berharap perusahaan dapat memanfaatkan fasilitas PLB sebaik-baiknya dan tetap mematuhi aturan yang berlaku," pungkas Rusman.

Bea Cukai bersama BNN sita dan musnahkan sabu

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Bea Cukai berhasil menyita barang bukti seberat 21 kg, dan seluruhnya telah dimusnahkan pada Rabu (24/04) di Kantor BNNP Banten.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024