Ditjenbun Monitor dan Giatkan Keutuhan Data, Demi Perkuat Perencanaan dan Monev Kegiatan Perkebunan

Workshop Ditjen Perkebunan berkolaborasi dengan UGM
Sumber :
  • Ditjen Perkebunan Kementan

VIVA – Demi tersedianya keutuhan data yang akurat dan menyeluruh, maka Direktorat Jenderal Perkebunan berkolaborasi dengan Fakultas Geografi UGM. Kali ini melakukan workshop khususnya terkait pengumpulan data pekebun dan lokasi 6 kebun komoditas perkebunan strategis antara lain kelapa, kopi, kakao, tebu, karet, dan aren.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

"Pengumpulan data ini berbasis spasial by name by address, dimaksudkan agar bantuan Ditjen Perkebunan dapat tepat sasaran dan secara kontinyu termonitor pelaksanaannya. Diharapkan kegiatan ini dapat terus digiatkan dan menjadi dasar dalam monev dan perencanaan kegiatan ke depan," ujar Heru Tri Widarto, Sekretaris Ditjen Perkebunan dalam sambutannya pada acara Workshop yang dilaksanakan di Yogyakarta mulai dari tanggal 15 hingga 18 Juni 2023. 

Heru menambahkan, pengumpulan data yang telah dilaksanakan saat ini baru mencakup 17 kabupaten, dimana merupakan kawasan pengembangan perkebunan dan diharapkan akan dilaksanakan di seluruh wilayah kawasan dengan melatih petugas di provinsi dan kabupaten.

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi

Lebih lanjut Heru menjelaskan, pada kegiatan ini akan disusun publikasi hasil pengumpulan data, melalui media buku, artikel dan video. "Dengan adanya publikasi ini diharapkan data spasil perkebunan menjadi semakin dikenal dan bermanfaat untuk berbagai stakeholder dan masyarakat luas," harap Heru.

Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Investor emas menantikan rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang akan menentukan arah suku bunga Federal Reserve.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024