BKSAP Terus Upayakan Penguatan Parlemen dalam Merealisasikan Cita-Cita ASEAN

Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Dalam kesempatan Fun Run and Ride Road to the 44th General Assembly of AIPA, Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana menyampaikan bahwa perhelatan Sidang Umum ke-44AIPA merupakan momen langka dan berharga bagi DPR RI dan Indonesia untuk terus memperkuat peran diplomasi parlemen di tengah-tengah munculnya berbagai tantangan kawasan. Dia mengatakan, BKSAP akan terus mengupayakan penguatan peran parlemen dalam merealisasikan cita-cita ASEAN

Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

"Melalui tema 'Responsive Parliament for A Stable and Prosperous ASEAN,' kita akan terus mengupayakan penguatan peran parlemen dalam merealisasikan cita-cita ASEAN yaitu sebuah tatanan sosial yang stabil dan sejahtera. Kita akan berupaya sekuat tenaga untuk menggalang aksi-aksi kolektif untuk menyelesaikan berbagai persoalan kawasan," papar Putu saat menyampaikan sambutan sebelum Fun Run and Ride dimulai, di pelataran Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Jumat (28/7/2023). 

Dengan menjadi tuan rumah ke-7, diharapkan Indonesia bisa memberikan pengaruhnya di kawasan ASEAN dan juga kawasan Asia-Pasifik. 

IMA Waspadai Sinyal Pelemahan Ekonomi RI Kuartal I-2024

"Secara populasi, penduduk Indonesia telah mencapai 41,36 persen dari total penduduk negara-negara ASEAN. Dari faktor sejarah, kita juga merupakan founding member ASEAN. Artinya, peran Indonesia di kawasan sangat sentral dan terobosan-terobosannya telah dinanti banyak pihak," ungkap Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Pada kesempatan AIPA nanti akan ada empat sidang, Sidang Komisi Politik, Sidang Komisi Ekonomi, Sidang Komisi Sosial, dan Sidang Komisi Organisasi. Pada Sidang Komisi Politik, Indonesia akan terus mengupayakan solusi terbaik terbaik bagi penyelesaian konflik politik dan krisis kemanusiaan di Myanmar sekaligus memperkuat kerjasama untuk keamanan dan stabilitas kawasan.

Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

Pada Sidang Komisi Ekonomi, Indonesia akan konsisten mendorong konektivitas ekonomi regional dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan termasuk melalui dukungan bagi akselerasi pembangunan ekonomi hijau. Pada Sidang Komisi Sosial, Indonesia akan memperjuangkan perbaikan kualitas sumber daya manusia dalam menopang agenda ekonomi hijau termasuk perlindungan tenaga kerja. Selain itu, pada Sidang Komisi Organisasi, Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat kelembagaan AIPA sebagai satu-satunya asosiasi parlemen di kawasan Asia Tenggara.

"Saya optimistis bahwa pelaksanaan Sidang Umum AIPA ke-44 dapat memberikan hasil positif bagi bangsa Indonesia dan juga kawasan. Semoga seluruh persiapan menjelang Sidang Umum diberi kelancaran dan kemudahan. Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap seluruh pihak yang telah bergotong-royong demi pelaksanaan Sidang Umum AIPA. Mari kita laksanakan Fun Run and Ride Road to the 44th General Assembly of AIPA demi kelancaran Sidang AIPA," jelas Putu.

Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay.

Nama Eko Disebut Masuk Bursa Calon Menteri, PAN: Kita Tunggu Saja

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas menyebut, Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio yang merupakan kader PAN berpeluang menjadi Menteri.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024