Herman Khaeron Apresiasi Penyelenggaraan LOBO XIV 2023 Sebagai Bentuk Nyata Keterbukaan Publik

Anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron (dua dari kanan)
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI kembali menggelar Lomba Orasi Bintang Orator (LOBO) untuk ke-14 kalinya pada 30 Juni-31 Juli 2023. Anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron, yang juga selaku ketua dewan juri mengapresiasi penyelenggaraan LOBO XIV 2023 yang mengangkat tema Masukan terhadap RUU tentang Perlindungan Konsumen.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

“Tentu saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Biro Pemberitaan DPR RI yang telah mengadakan Lomba Orator terkait dengan naskah undang-undang. Ini sangat baik karena akan memberikan masukan, inspirasi dan tentu inilah keterbukaan publik,” ujar Herman setelah rangkaian penjurian di Gedung Nusantara 2, Senayan, Jakarta pada Jumat (4/8/2023).

Anggota Badan Legislasi DPR RI tersebut juga mengatakan bahwa dengan adanya masukan dari masyarakat melalui gelaran ini maka keterbukaan publik terkait penyusunan undang-undang pun semakin terbuka. Hal tersebut dapat menjadi alternatif dari cara-cara resmi dan konvensional yang biasa dilakukan.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

“Bukan hanya dari momentum momentum yang resmi seperti focus group discussion, Kemudian RDPU, mengundang pakar, kita datang ke perguruan tinggi, tetapi rakyat, masyarakat, mahasiswa, guru ada juga dosen yang memberikan masukan melalui orasi yang begitu tajam dan dengan berbagai ekspresi dan kasuistik. Saya kira ini juga masukan-masukan yang berharga bagi penyusunan undang-undang,” tutur politisi Partai Demokrat itu.

Herman pun mendorong agar LOBO terus diselenggarakan di masa mendatang dan dikemas sekreatif mungkin. Menurutnya masukan-masukan dari masyarakat yang dijaring melalui acara serupa akan memberikan makna terhadap penyusunan undang-undang.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

“Oleh karenanya saya kira perlu dilanjutkan dan terus (dilakukan) untuk mengangkat berbagai masukan ide gagasan rakyat melalui lomba-lomba yang lebih kreatif dan tentu ini akan mempertajam akan memberikan ruang yang lebih terbuka, sosialisasi yang lebih bermakna terhadap berbagai penyusunan baik terhadap undang-undang baru maupun terhadap revisi undang-undang yang sudah ada.” lanjut Herman.

Setelah melalui rangkaian seleksi dan penjurian, akhirnya dipilih tiga peserta terbaik yang berhasil menyisihkan 223 peserta lainnya. Adapun para juara LOBO XIV 2023 antara lain; Miftahul Huda (Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Islam Riau asal Batam, Kepulauan Riau), Hafiz Anshari (Guru asal Kota Baru, Kalimantan Selatan) dan Viky Andika Saputra (Siswa asal Bekasi, Jawa Barat).

Ilustrasi harga tiket pesawat pendorong inflasi.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Anggota Komisi VI DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Evita Nursanty menolak rencana pemungutan iuran dana pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024