Parlemen Anggota AIPA Bersatu Meningkatkan Konektivitas Sosial Budaya dan Kesejahteraan Masyarakat

Sidang Komisi Sosial AIPA
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Komisi Sosial Parlemen Anggota AIPA akan mengadakan sidang untuk membahas pentingnya meningkatkan konektivitas sosial budaya di antara negara anggota ASEAN. Sidang Komisi yang merupakan bagian penting dari Sidang Umum AIPA ke-44 di Jakarta Agustus ini akan menguji komitmen untuk mempercepat pembangunan manusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).

Kenapa UU Polri Harus Direvisi? Ternyata Biar Sama Dengan Kejaksaan

Konektivitas sosial budaya memainkan peran penting dalam memperkuat kerja sama dan meningkatkan pemahaman antara masyarakat di kawasan ASEAN. Dengan populasi sekitar 670 juta jiwa dan kekayaan ragam budaya, ASEAN memiliki potensi yang tak ternilai dalam membangun konektivitas sosial. Oleh karena itu, AIPA melihat ASEAN Socio-Cultural Community sebagai fokus utama dalam kepemimpinan Indonesia di AIPA.

Sidang Komisi Sosial AIPA membahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperkuat visi konektivitas sosial budaya ASEAN di luar Cetak Biru ASCC 2025. Selain itu, faktor yang memengaruhi peningkatan komunitas sosial ASEAN yang partisipatif, kompetitif, dan responsif juga menjadi perhatian utama. AIPA sebagai entitas akan berkolaborasi dengan negara-negara anggota ASEAN untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi kawasan ini dan membangun komunitas yang kuat dan terhubung dengan baik.

Gerindra Tegaskan Bakal Usung Ahmad Dhani di Pilkada Surabaya

Komisi Sosial AIPA juga membahas pentingnya peningkatan kapasitas inklusif dan adaptif masyarakat ASEAN dalam menghadapi tantangan regional dan global di masa depan. Dalam era kemajuan teknologi informasi, digitalisasi, dan perkembangan kecerdasan buatan, AIPA akan mengambil langkah konkret untuk memperkuat kapasitas komunitas ASEAN dan memastikan agar masyarakat dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Keragaman budaya dan identitas masyarakat ASEAN juga menjadi sorotan dalam sidang ini. AIPA ingin merumuskan langkah-langkah strategis yang akan memperkuat keragaman budaya dan identitas yang unik di dalam ASEAN, sehingga dapat dicapai kesejahteraan dan harmoni di seluruh negara anggota ASEAN.

Sri Mulyani: Kebijakan Fiskal Harus Jadi Fondasi Kuat untuk Indonesia Emas 2045

Sebagai hasil sidang, Komisi Sosial AIPA akan mendiskusikan resolusi-resolusi yang mewakili komitmen dan langkah-langkah konkret dalam meningkatkan konektivitas sosial budaya di ASEAN. Resolusi-resolusi ini akan menjadi panduan bagi Parlemen Anggota AIPA dalam memperkuat komunitas sosial ASEAN yang inklusif, responsif, dan harmonis. Draf Resolusi yang akan dibahas di antaranya adalah:
- DRAFT RESOLUTION ON THE ADOPTION OF THE REPORT OF THE 5TH MEETING  OF THE AIPA COUNCIL ON DANGEROUS DRUGS (AIPACODD) AND THE RESOLUTION ON SUPPORTING INCLUSIVE ECONOMIC GROWTH FOR DRUG-FREE ASEAN – Hasil AIPACODD, Usulan Sekretariat AIPA
- DRAFT RESOLUTION ON SUPPORTING INCLUSIVE ECONOMIC GROWTH FOR DRUG-FREE ASEAN – Hasil AIPACODD, Usulan Sekretariat AIPA
- DRAFT RESOLUTION ON MOBILIZING PARLIAMENTARY ACTIONS ON PROMOTING GREEN JOBS AND SKILLS TO SUPPORT GREEN ECONOMIC TRANSITION – Usulan Indonesia
- DRAFT RESOLUTION ON DRIVING ENERGY TRANSITION AND DEVELOPING GREEN ECONOMY IN ASEAN – Usulan Malaysia
- DRAFT RESOLUTION ON PARLIAMENTARIAN ROLES IN ADVANCING REGIONAL ECONOMIC CONNECTIVITY AND ERADICATING CORRUPTION – Usulan Malaysia

AIPA terus berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas sosial budaya di ASEAN. Dengan kerja sama yang erat dan kolaborasi yang terus-menerus, AIPA berharap dapat mencapai tujuan bersama dalam memajukan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat ASEAN.

Anggota Biro Komite IPU untuk Pembangunan Berkelanjutan, Putu Supadma Rudana.

Putu DPR: Kita Menyadari Isu Air Berpengaruh dan Terpengaruh oleh Perubahan Iklim

Isu air sangat krusial dibahas bagi para pemangku kepentingan dunia karena ke depan akan menghadapi perubahan iklim atau climate change.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024