Cegah Masuknya Barang Ilegal dari Perairan RI, Bea Cukai Teluk Nibung Gelar Operasi Laut

Bea Cukai gelar operasi laut
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Teluk Nibung bersama aparat penegak hukum (APH) lain berkolaborasi melaksanakan patroli laut gabungan pada tanggal 29 Agustus-01 September 2023. Operasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah dan memberantas peredaran narkotika, psikotropika, dan prekusor (NPP) melalui wilayah perairan Indonesia.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Kepala Kantor Bea Cuai Teluk NIbung, Nurhasan Ashari menegaskan bahwa patroli laut tersebut merupakan juga sebagai upaya joint operation bersama Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan dan mendukung pelaksanaan Operasi Bersinar (Berantas Sindikat Narkotika).

“Kami menggandeng Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan sebagai salah satu langkah proaktif yang diambil untuk mencegah penyelundupan barang atau komoditas tanpa dokumen karantina yang sah sehingga berpotensi membawa risiko serius seperti hama penyakit hewan karantina (HPHK) dan organisme pengganggu tanaman karantina (OPTK),” jelasnya.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Selain itu, operasi ini juga menjadi salah satu langkah dalam menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

“Diperlukan langkah-langkah antisipasi bersama dalam upaya pencegahan, pengawasan, pemeriksaan, dan penegakan hukum terhadap para pelaku kejahatan Narkotika yang memanfaatkan jalur laut Indonesia, semoga ini dapat membantu,” pungkas Nurhasan.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah
Dave Laksono Menerima YB. Tuan Fahmi Bin Zainol dari Malaysia

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Kerja sama antara pihak Malaysia dengan Indonesia, dalam bidang agroteknologi, mendapat sambutan baik. Itu disampaikan anggota Komisi I DPR RI dari Golkar, Dave Laksono.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024