Sediakan Lapangan Kerja, Kemnaker Gelar Job Fair di Solo

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Salah satu tantangan utama perekonomian Indonesia adalah bagaimana menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Kemnaker menggelar acara Job Fair dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi Se-Surakarta, di kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023).

Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

"Salah satu tujuan diselenggarakannya acara hari ini adalah untuk mempersiapkan para pencari kerja di
Surakarta untuk terjun ke dalam dunia karir yang mereka inginkan," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor di Solo.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Selain itu kata Wamenaker, job fair juga membantu mereka untuk memilih karir yang sesuai dengan minat dan bakat pencari kerja agar dapat mengimplementasikan pembelajaran dari mata kuliah yang telah mereka pelajari selama di perkuliahan ke dalam karir yang mereka pilih nantinya.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia pameran kesempatan kerja (Job Fair) dan UMKM Expo FORPUSKA Perguruan Tinggi Se-Surakarta, di kota Solo yang telah membantu penyelenggarakan kegiatan Job fair hari ini," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor di Solo.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Afriansyah Noor menyebut job fair merupakan suatu upaya yang sangat bermanfaat dan berkontribusi terhadap penciptaan peluang bagi tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan, menciptakan SDM berkualitas unggul dengan pembekalan pengetahuan seputar dunia kerja.

"Sementara bagi perusahaan agar memperoleh kandidat yang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi jabatan yang ditawarkan," katanya.

Afriansyah Noor menambahkan Kemnaker juga menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses oleh semua masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ketenagakerjaan. Misalnya seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, pemagangan, kelembagaan dan lain sebagainya yang dapat di akses secara umum melalui SIAPKerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan) yang dapat diakses pada laman https://kemnaker.go.id.

Untuk aplikasi seputar informasi lowongan pekerjaan, tersedia pula layanan melalui domain https://karirhub.kemnaker.go.id yang mempertemukan antara pemberi kerja perusahaan/individu dengan pencari kerja baik dalam negeri, maupun luar negeri.

"Melalui aplikasi Karirhub ini, pencari kerja juga dapat memilih lokasi pekerjaan,tipe pekerjaan hingga bidang keahlian yang dimiliki dan pemberi kerja maupun pencari kerja tidak dikenakan biaya apapun, " katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya