PNM Gandeng PT Waskita Beton Precast Tanam Mangrove dan Beri Akses Air Bersih

PNM melakukan penanaman pohon mangrove
Sumber :
  • PNM

VIVA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Balikpapan bekerja sama dengan PT Waskita Beton Precast Tbk. melakukan penanaman pohon mangrove dan penyediaan sarana sanitasi air bersih di wilayah Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur sebagai wujud dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan pada Rabu (25/10) lalu di Pulau Balang dan pada Kamis (26/10) di Desa Datuk Nondol serta Desa Sukaraja, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

“PNM terus mengedepankan semangat kolaborasi sesama BUMN atau Swasta dalam guna mendukung program pemerintah, tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), yang juga memberikan dampak positif bagi stakeholders perusahaan dan lingkungan pada umumnya,” ucap Mira Damayanti Kepala Divisi Jasa Manajemen dan TJSL PNM.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

“Melalui kerja sama dan implementasi WSBP Inspiring Kindness ini, WSBP memberi manfaat positif yang luas untuk lingkungan dan sosial masyarakat. Kami tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga hadir untuk pemberdayaan masyarakat di sekitarnya,” ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary.

Penanaman pohon mangrove dilakukan sebanyak 7.000 pohon secara serentak di Pulau Balang. Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah bahaya abrasi pantai serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ekowisata Hutan Mangrove. Penanaman pohon mangrove memiliki beberapa nilai strategis dan saling mendukung (co-benefits) dalam upaya tercapainya SDGs nomor 14 yang berfokus pada tata kelola laut dan pantai.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Sementara itu kegiatan penyediaan sanitasi air bersih diberikan di dua titik yakni di Desa Datuk Nondol dan Desa Sukaraja. Program ini secara langsung berkontribusi pada SDGs nomor 6 yaitu menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang layak. Penyediaan sanitasi air bersih juga diharapkan dapat membantu pemenuhan air bersih masyarakat sekitar desa.

PNM bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan. Pembiayaan dan pendampingan merupakan dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan satu dengan lainnya.

Hingga 25 Oktober 2023 PNM telah melakukan penanaman pohon sebanyak 79.505 dari target 100.000 pohon dan penyediaan sarana air bersih di 13 titik dari target 10 titik lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini juga selaras dengan PNM yang terus berkomitmen dalam menjalani pilar-pilar SDGs tidak terkecuali pilar lingkungan seperti pada poin 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, 13 Penanganan Perubahan Iklim, dan 15 Ekosistem Daratan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya