Wamentan Serahkan Bantuan Alsintan untuk Genjot Produksi di Purworejo

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi
Sumber :
  • Kementan

VIVA – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk para kelompok tani di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Bantuan tersebut sangat penting untuk mempercepat peningkatan produksi dan produktivitas pertanian usai terjadi perlambatan akibat cuaca ekstrem El Nino.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

"Kita lakukan percepatan, seperti di Purworejo ini kita lakukan pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) agar dapat segera diterima masyakarat sehingga produksi dapat meningkat," kata Wamentan pada acara tersebut di Pendopo Bupati Purworejo, Kamis (7/12/2023).

Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan, Nurul Ghufron: Kita Hormati

Menurut Wamentan Harvick, perlambatan produksi pangan akibat cuaca ekstrem El Nino perlu disikapi secara cepat dan tepat. Sebab, hal tersebut menyangkut ketersediaan pangan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, Wamentan berharap agar program-program bantuan dari Kementerian Pertanian dapat dioptimalkan oleh masyarakat demi mengakselerasi produksi pangan nasional.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Bagaimana kita mengakselerasi pangan kita agar jangan surut ya, jangan sampai berkurang ketersediaannya. Jadi pelambatan-pelambatan yang terjadi akibat El Nino kemarin, jangan sampai mengganggu pasokan pangan nasional,"  ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengungkapkan peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Purworejo terus dioptimalkan. Salah satunya dengan pengembangan alat mesin pertanian (alsintan).

"Pemerintah Kabupaten Purworejo telah memberikan kepercayaan kepada beberapa kelompok tani atau Gapoktan untuk menerima bantuan alsintan," ucapnya.

Yuli berharap, bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) dapat meningkatkan produksi pertanian sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para petani di daerahnya. Disamping itu, Purworejo mendapatkan alokasi alsintan pra panen program dari Kementan.

"Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas untuk memberikan nilai tambah sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada petani," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya