Posko Layanan Kesehatan 24 Jam Bagi Pemudik Disiagakan di Jalur Purwakarta

Posko kesehatan untuk pemudik
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martuji

VIVA – Tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Purwakarta disiagakan 24 jam untuk arus mudik lebaran 2024 yang tersebar di area Kabupaten Purwakarta baik tol maupun non tol.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono menjelaskan, mereka disiagakan dan wajib melayani pemudik yang datang maupun yang beristirahat untuk tujuan daerah lain.

"Pemkab Purwakarta merasa terpanggil untuk ikut membantu menjaga kesehatan para pemudik yang akan masuk maupun melintasi Purwakarta menuju berbagai daerah tujuannya. Bapak Pj Bupati mengeluarkan arahan agar semua pemudik mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik," ujar Rudi Hartono Selasa 26 Maret 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) memprediksi arus mudik lebaran 2024 akan ada pergerakan sebanyak 71,7 persen jumlah penduduk Indonesia atau 193,6 juta jiwa.

Diprediksi sekitar 61,6 juta pemudik memiliki tujuan mudik ke Jawa Tengah, 37 juta pemudik dengan tujuan Jawa Timur dan 32 juta pemudik tujuan ke Jawa Barat.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Dengan jumlah pemudik yang sangat besar itu, kita harus bersiaga membantu kelancarannya. Setiap harinya akan ada ribuan pemudik yang masuk maupun melintasi Purwakarta. Para pemudik tentu ada yang mengalami kelelahan atau sakit dalam perjalanan. Kita akan berusaha bisa membantu mereka," kata Rudi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan menerangkan, berbagai langkah pelayanan kesehatan para pemudik sudah dipersiapkan.

"Arahan Pj Bupati untuk membantu pelayanan kesehatan pemudik telah kita tindaklanjuti. Semua personil tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan sudah kita siapkan semuanya," katanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta mencatat, sebanyak 336 tenaga kesehatan, 20 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), satu rumah sakit umum daerah milik Pemkab Purwakarta dan 3 rumah sakit umum disiagakan 24 jam membantu pelayanan kesehatan para pemudik selama H-7 dan H+7 lebaran.

"Tenaga kesehatan yang diterjunkan terdiri dari dokter, perawat hingga sopir ambulance. Sementara puskesmas yang disiagakan sebanyak 20 puskesmas yang berada di sepanjang jalur mudik. Semuanya bersiaga 24 jam penuh," kata Deni Darmawan.

Sementara 4 rumah sakit yang disiagakan adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih dan Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam Hospitals, RSU Bhakti Husada, dan RSU Abdul Radjak.

Posko Kesehatan 24 Jam

Selain itu, lanjut Deni, Dinkes Purwakarta juga mendirikan 8 Pos Koordinasi (Posko) Pelayanan Kesehatan 24 Jam. Posko-posko itu didirikan dijalur mudik yang melintasi jalan tol maupun jalan arteri (non tol).

Posko dijalur mudik jalan tol Rest Area KM 88 Tol Cipularang, Rest Area KM 97 Tol Cipularang dan Rest Area KM 81 Tol Cipali. Sementara Posko Pelayanan Kesehatan di jalur mudik jalan arteri didirikan di kawasan Pasar Jumat, Cipaisan, Purwakarta, Jalan Raya Sadang, Jalan Cikopo Selatan dan Jalan Ciganea, Mekargalih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya