Menaker Temui PMI di Arab Saudi, Tegaskan Komitmen Tingkatkan Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja

Menaker Ida menemui PMI di penampungan KJRI Jeddah, Arab Saudi
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Di sela-sela kunjungan kerjanya ke Arab Saudi, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menemui puluhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di penampungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (30/3/2024).

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kepada para pahlawan devisa negara tersebut, Ida Fauziyah kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan bagi Pekerja Migran Indonesia, termasuk dalam konteks perluasan kesempatan kerja di luar negeri.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

"Sistem pelindungan Pekerjaan Migran Indonesia tetap menjadi prioritas utama dalam upaya perluasan kesempatan kerja luar negeri, " kata Ida Fauziyah.

Dalam dialog singkat tersebut, Menaker Ida secara khusus memfokuskan perhatiannya pada proses monitoring implementasi skema Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

Ditegaskan melalui model penempatan itu, orang yang ingin bekerja ke luar negeri harus melalui syarikah atau perusahaan penempatan di Arab Saudi dan tidak boleh melalui perorangan.

"Dalam konteks ini, Menteri berkomitmen untuk memastikan skema SPSK dijalankan sesuai dengan standar yang ditetapkan, demi melindungi hak dan kepentingan para pekerja migran Indonesia, " katanya.

Ida Fauziyah berharap hasil kunjungannya ke penampungan KJRI Jeddah, bakal membawa dampak positif bagi peningkatan kondisi dan perlindungan para pekerja migran Indonesia di Arab Saudi, serta memperluas kesempatan kerja bagi mereka di negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya