Wamenaker Lepas Mudik Gratis 767 Mitra Usaha Warmindo Menuju Jawa Barat Hingga Yogyakarta

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Pemerintah diketahui telah memprediksi bahwa Jumat 5 April 2024 hingga Senin 8 April 2024 diprediksi akan menjadi puncak dari arus mudik lebaran 2024. Momen mudik tahun ini menjadi tahun pertama mudik tanpa pembatasan pergerakan masyarakat.

5 Tips Sehat Cegah Karyawan Jakarta Agar Tak Rentan Stress dan Terhindar dari PTM

Banyak perusahaan yang menggelar mudik gratis untuk para pekerjanya. Seperti yang digelar oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk (ICBP) Divisi Mi Instan dalam program mudik gratis. Memberangkatkan 767 orang mitra usaha warmindo, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor melepas keberangkatan mudik gratis, di Mesjid At-Tin TMII Jakarta Timur, pada Sabtu pagi (6/4/2024).

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Sebanyak 13 unit bus telah disiapkan untuk membawa para pemudik ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Wamen Afriansyah Noor menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong partisipasi dari dunia usaha untuk dapat memfasilitasi mudik gratis atau mudik bersama.

"Hal tersebut dilakukan guna meringankan dan mempermudah para pekerja/buruh yang ingin melakukan tradisi mudik lebaran di kampung halamannya," ucapnya.

Petugas Terjatuh Dari Pintu Pesawat, BPJS Ketenagakerjaan Tanggung Seluruh Biaya Perawatan

Menurut Afriansyah mudik bersama merupakan bagian proses kemitraan hubungan industrial yaitu kemitraan dalam proses produksi. Ia menilai pekerja dan pengusaha adalah teman seperjuangan dalam proses produksi. Oleh karenanya, pekerja dan pengusaha wajib bekerja sama saling membantu meningkatkan kesejahteraan dan mitra dalam keuntungan.

"Artinya pekerja dan pengusaha adalah teman seperjuangan dalam pemerataan menikmati hasil perusahaan secara proporsional sesuai dengan kontribusi dan prestasi kerja," ujarnya.

Sementara itu Kepala Cabang PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk (ICBP) Harry Tampi menambahkan, sejak pertama kali dilaksanakan jumlah pengusaha warmindo yang mengikuti program mudik gratis terus meningkat.

"Tahun 2024 ini total keseluruhan peserta mudik gratis warmindo secara nasional mencapai 11.275 orang yang diberangkatkan dari 36 titik di Jabodetabek," katanya.

Seorang pemudik bernama Miftahudin asal Kuningan Jawa Barat mengapresiasi program mudik gratis yang digagas Kemnaker dan PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Ia berharap agar program mudik gratis ini rutin diselenggarakan setiap tahun.

"Semoga semua pelaku usaha khususnya pengusaha warmindo dapat terus difasilitasi untuk ikut mudik gratis," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya