Menaker Ida Sampaikan Pancasila Sebagai Bintang Penuntun Indonesia di Era Globalisasi

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Memperingati Hari Lahir Pancasila yang berlangsung hari ini, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, memimpin upacara. Dalam pidatonya, Ida Fauziyah menekankan bahwa tema peringatan tahun ini adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045."

Kemnaker Harap APKI Dapat Perkuat Pengawasan Ketenagakerjaan

Menurut Ida Fauziyah, tema ini mencerminkan semangat Pancasila yang menyatukan bangsa Indonesia dalam segala keberagaman untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.

Kemnaker Lepas Peserta Benchmarking in Summer Training Japan 2024

"Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi bintang pemandu kehidupan bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, menjadi pondasi bagi identitas nasional kita, Bhinneka Tunggal Ika," ujar Menteri Ida Fauziyah.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk menginternalisasi dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. Menurutnya, Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan sejarah dan membawa bangsa ini menuju kemajuan di era globalisasi dan teknologi.

Hadiri Hari Anak di Papua, Jokowi Bagi-Bagi Hadiah

"Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, kita juga perlu mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian, terutama dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa," jelasnya.

Mengakhiri pidatonya, Ida Fauziyah mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa. "Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," tutupnya.

Upacara ditutup dengan penuh hikmat dan semangat kebangsaan, dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan pejabat negara.

Selamat Hari Lahir Pancasila! Salam Pancasila!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya