Logo WARTAEKONOMI

Zilingo Trade, Platform Solusi Bisnis Satu Atap Siap Dukung UMKM Hadapi New Normal

Zilingo Trade, Platform Solusi Bisnis Satu Atap Siap Dukung UMKM Hadapi New Normal. (FOTO: Zilingo)
Zilingo Trade, Platform Solusi Bisnis Satu Atap Siap Dukung UMKM Hadapi New Normal. (FOTO: Zilingo)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis, khususnya bagi mereka yang bergerak di industri UMKM. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, setidaknya ada 37.000 pelaku UMKM merasakan dampak dari virus corona.

Sementara itu, menurut Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia, perubahan pola perilaku konsumen berpengaruh langsung kepada retail modern yang mengakibatkan terjunnya transaksi sebesar 80-85% untuk produk nonpangan dan 30-40% untuk produk makanan semenjak penerapan PSBB di bulan April. Peralihan ini menunjukkan bahwa pola konsumsi yang berkembang secara bertahap akhirnya akan memetakan keseluruhan perubahan dalam skenario perdagangan di tengah pandemi Covid-19 atau seperti yang kita kenal sebagai new normal.

Bantu UMKM Go Digital, Kemenkop-UKM dan Lazada Luncurkan Program KAU

Melihat fakta itu, Zilingo siap membekali para pelaku UMKM untuk menghadapi era new normal melalui platform solusi bisnis satu atapnya, Zilingo Trade.

"Pelaku UMKM kini dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan solusi bisnis mulai dari pengadaan secara online, layanan jasa keuangan, layanan perangkat lunak, hingga layanan pemasaran produk hanya dari satu platform, yaitu zilingotrade.id," kata Ade Yuanda Saragih, VP and Country Head Zilingo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/6/2020).

Ade juga membagikan tiga hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM untuk mempersiapkan diri memasuki era new normal sebagai berikut:

Kenali perubahan perilaku konsumen dan bertransformasi secara proaktif